SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Akhir-akhir ini, Kabupaten Siak dan sekitarnya diselubungi kabut asap. Asap tersebut hasil kebakaran lahan yang terjadi sejak kemaren di beberapa titik. Selain di Kabupaten Siak sendiri, asap juga berasal dari kabupaten tetangga.

Setiap musim kemarau, bencana asap tidak pernah lepas dari Kabupaten Siak. Berbagai macam penyakitpun mulai bermunculan. Seperti Infeksi Saluran Pernapasan dan Akut (ISPA).

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Kesehatan sudah mempersiapkan beberapa langkah strategis dalam mencegahnya. Diantara yang dikemukakan Kadiskes Tony Candra, dengan pembagian masker.

"Kami sudah mulai membagikan masker kepada masyarakat. Terutama pengendara," katanya saat dijumpai goGoRiau.comriau.com, Senin (3/2/2014) siang. Ia bersama jajaran RSUD memberikan masker di Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah.

Ia pun berharap, masyarakat tidak terlalu banyak beraktivitas di luar rumah. Terutama yang memiliki anak bayi. "Kami menghimbau ibu-ibu yang punya bayi, lebik baik di rumah saja," seru Tony.

Ia menambahkan, jika ada masyarakat yang terlihat gejala ISPA agar sesegara mungkin untuk meminta obat di Puskesmas terdekat. Diskes menurut Tony sudah mempersiapkan diri untuk menangani pasien ISPA.

"Kami sudah menyiagakan dokter di setiap Puskesmas," katanya. Untuk itu, Tony memberikan beberapa cara agar tidak terkena ISPA. Diantaranya perbanyak meminum air putih.(san)