JAKARTA -- Meski hanya bekerja sebagai sopir truk trailer, bila ditotalkan, gaji Made mencapai Rp1,7 miliar per tahun.

Pria asal Bali itu tentu saja tidak bekerja sebagai sopir truk di Indonesia, melainkan di Kanada.

Dikutip dari detikcom, besarnya gaji sopir truk asal Indonesia di Kanada itu diketahui dari video yang diunggah kanal YouTube Supir Truk CANADA.

Dalam sebuah video berjudul 'Berapa Gaji supir truk double trailer di canada?', sang pemilik channel mengajak penonton untuk menjumpai kawannya yang sama-sama berasal dari Indonesia dan juga sama-sama berprofesi sebagai pengemudi truk.

Temannya tersebut mengemudikan sopir truk double trailer alias gandeng dengan total panjang sekitar 20 meter (67 feet). Truk tersebut punya ciri khas moncong yang panjang khas truk-truk Amerika. Ia juga menjelaskan bocoran gaji sopir truk Indonesia di Kanada.

''Kalau setahun. Tahun pertama, mungkin sekitar US$ 80.000 sampai US$ 95.000. Setelah tahun pertama kita melihat US$ 105.000 sampai US$ 120.000. Itu sebelum potong pajak,'' kata pengemudi truk bernama Made itu.

Kalau dikonversi ke mata uang rupiah, per tahunnya Made bisa menerima gaji antara Rp1,1 miliar hingga Rp1,3 miliar. Di tahun kedua, gajinya naik lebih tinggi lagi, antara Rp1,5 miliar hingga Rp1,7 miliar per tahun. Tapi, itu hasil kotor, belum dipotong pajak.

Dengan gaji sebesar itu, Made pun memiliki kendaraan mahal sekelas moge Harley-Davidson. ''Dia punya channel YouTube juga, namanya Moge dan Made. Karena dia juga punya Harley,'' kata pemilik kanal YouTube Supir Truk CANADA.***