Pemilik kendaraan tentu sadar pentingnya memiliki asuransi mobil untuk menjadi pelindung terhadap hal yang tidak diinginkan jika terjadi pada mobil kesayangan.

Seperti diketahui, asuransi mobil akan membantu memberi perlindungan biaya saat melakukan perbaikan. Baik karena kerusakan yang diakibatkan oleh kecelakaan, bencana alam seperti terendam banjir, maupun kehilangan karena dicuri orang.

Sebelum memiliki asuransi kendaraan, mobil premi murah, sebaiknya Anda tahu jenis-jenis asuransi mobil yang biasa disediakan perusahaan asuransi. Ada banyak jenis asuransi, namun yang umum dan pasti ada di Indonesia adalah asuransi mobil All Risk atau comprehensive dan asuransi Total Loss Only (TLO).

Anda yang ingin memiliki perlindungan menyeluruh, bisa cek dan bandingkan asuransi mobil All Risk agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

Mengenal Asuransi Mobil

Seperti dipaparkan sebelumnya, asuransi mobil memberikan jaminan kepada mobil yang terdaftar jika sewaktu-waktu hal buruk terjadi. Misalnya kecelakaan, kehilangan, atau mungkin terdampak bencana alam.

Sama halnya saat memilih produk asuransi lain, untuk produk proteksi mobil juga tidak bisa dipilih dengan cara seenaknya saja.

Beberapa asuransi memberikan semua perlindungan tersebut dengan sejumlah catatan khusus yang tercantum di dalam polis, sementara beberapa yang lainnya menawarkan perlindungan lebih spesifik.

Seperti, asuransi TLO yang oleh penyedianya hanya melindungi mobil dari risiko kehilangan akibat dicuri orang. Sementara itu, asuransi mobil All Risk  akan menanggung segala jenis kerusakan mulai dari baret, penyok sampai dengan mobil hilang akibat pencurian.

Kerusakan mobil akibat banjir, huru-hara dan bencana alam juga ditanggung oleh asuransi mobil All Risk. Dengan catatan, Anda telah mengambil perluasan jaminan atau SRCC asuransi.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Seperti dipaparkan sebelumnya, dua jenis asuransi mobil yang umum dipilih nasabah terdiri dari, asuransi mobil All Risk atau comprehensive dan asuransi Total Loss Only atau TLO.

1. Asuransi Mobil All Risk

Jenis yang pertama adalah asuransi mobil All Risk yang memberikan perlindungan secara menyeluruh. Yakni mencakup kerusakan akibat kecelakaan, aksi kerusuhan, bencana alam (seperti terendam banjir), dan juga risiko kehilangan.

Jenis ini memberi perlindungan total dan sebanding dengan nilai preminya yang lebih mahal di bandingkan jenis TLO.

2. Asuransi TLO

Sedangkan jenis asuransi mobil yang kedua adalah asuransi Total Loss Only (TLO). Asuransi jenis ini memberi perlindungan yang terbatas dan cenderung dibuat spesifik.

Mayoritas hanya melindungi kerusakan kecil di bawah 75% dan risiko kehilangan. Beberapa lagi hanya melindungi kerusakan kecil pada kendaraan, dan memang jenis ini punya premi lebih ringan.

Asuransi TLO merupakan jenis asuransi yang menanggung semua risiko kerusakan pada mobil, salah satunya akibat lecet.

Asuransi jenis ini sangat cocok dibeli untuk memberikan perlindungan pada mobil yang baru saja dibeli. Apalagi, jika Anda sering beraktivitas di wilayah padat penduduk.

Keuntungan Memiliki Asuransi Mobil

Apapun jenis asuransi kendaraan yang dipilih sudah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan. Berikut ini adalah keuntungan memiliki asuransi mobil:

1. Meminimalkan Pengeluaran saat Terjadi Kerusakan

Sebagai aset yang selain nilainya terus menurun juga memiliki biaya perawatan yang tidak murah, maka harus menyiapkan biaya untuk servis rutin mobil per 3 atau 6 bulan sekali, dan dana darurat untuk membayar jika kendaraan mengalami kerusakan akibat kecelakaan.

Dengan memiliki asuransi mobil, tentu saja Anda selaku pemilik kendaraan bisa meminimalkan biaya-biaya tersebut.

 

2. Mendapatkan Biaya Pertanggungan ke Pihak Ketiga

Asuransi mobil bisa memberikan perlindungan pertanggungan kepada pihak ketiga. Contohnya, saat Anda sedang mengemudi dan mengalami kecelakaan menabrak pengemudi lain.

Jika memiliki asuransi mobil, maka kerusakan kendaraan orang yang ditabrak bisa ditutupi oleh perusahaan asuransi yang dimiliki.

 

3. Mendapatkan Layanan Tambahan

Asuransi kendaraan juga memberi layanan tambahan, misalnya layanan untuk upgrade perlindungan, mendapatkan layanan dari bengkel di luar kota, dan sebagainya.

Setiap perusahaan memiliki layanan tambahan yang berbeda. Untuk jelasnya, Anda bisa ditanyakan ke perusahaan asuransi yang akan dipilih.

Tips Memilih Asuransi Mobil

Setelah mengetahui keuntungan memiliki asuransi mobil, berikut ini adalah tips memilih produk terbaiknya:

1. Lakukan Riset

Jangan hanya mencari asuransi dari satu perusahaan saja, melainkan lakukan riset beberapa perusahaan asuransi. Anda bisa mempelajari tentang jenis asuransi untuk mobil yang akan digunakan, apakah asuransi mobil All Risk atau TLO.

Jika sudah tahu jenis asuransi apa yang akan digunakan, Anda akan lebih mudah mencari perusahaan asuransi. Langsung saja tuju perusahaan yang menyediakan jenis asuransi pilihan Anda.

Bandingkan manfaat yang akan didapat antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Pilih yang menurut Anda paling oke dan sesuai dengan kebutuhan.

2. Pastikan Perusahan Asuransi Terdaftar OJK

Pastikan perusahaan asuransi yang menjadi pilihan Anda telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta bersertifikat ISO 27001.

Pasalnya, akan berpengaruh pada kenyamanan Anda dalam melakukan transaksi. Dengan adanya kejelasan riwayat dari pihak asuransi, maka dapat dipastikan perusahaan jasa penyedia akan dapat memberikan pelayanan yang baik.

Hal tersebut akan memudahkan Anda dalam hal pengajuan klaim dan mendapatkan rekanan bengkel terpercaya.

3. Memiliki Bengkel Rekanan

Memilih perusahaan asuransi yang bekerjasama dengan banyak bengkel rekanan dapat membantu agar mobil Anda yang rusak langsung segera diperbaiki. Termasuk, bengkel-bengkel yang ada di dekat lokasi dan memiliki layanan derek.

Karena itu, sebelum memastikan memilih jenis asuransi yang mana, Anda harus menanyakan perihal bengkel rekanan asuransi tersebut.

Bukan hanya sekadar mengetahui nama bengkelnya, Anda juga harus memastikan apakah bengkel rekanan tersebut resmi dan kredibel. Perhatikan juga perihal jarak bengkel dan domisili di mana Anda tinggal.

Tak hanya itu saja, Anda juga harus memastikan jika bengkel tersebut memberikan garansi terbaik. Termasuk, jaminan penggunaan suku cadang yang asli bukan suku cadang KW atau palsu.

Bandingkan Produk

Agar tidak salah pilih, coba bandingkan produk asuransi yang satu dengan lainnya. Meskipun dari segi premi mungkin tidak jauh berbeda, ada aspek lainnya yang pastinya berbeda.

Misalnya perusahaan asuransi A memberikan tambahan layanan derek gratis, sedangkan perusahaan B memberikan tambahan layanan asuransi kecelakaan diri. Pilih produk sesuai dengan kebutuhan Anda dan pilih biaya premi yang paling kompetitif.

Dalam kasus tersebut, jika mobil rusak tapi bengkel jauh dari lokasi maka Anda bisa memilih perusahaan A. Sementara itu jika mobil rusak dan sopir termasuk penumpang mengalami kecelakaan maka bisa memilih perusahaan B.

Pilih yang Proses Klaimnya Mudah dan Cepat

Pilih yang menawarkan proses klaim yang mudah dan cepat. Misalnya, jika terjadi kecelakaan dan mobil rusak Anda cukup menghubungi customer service atau call center lalu ada tim yang datang membawa mobil Anda ke bengkel atau klaim asuransi yang bisa dilakukan lewat aplikasi juga sangat layak untuk dipertimbangkan.

Demikian pembahasan mengenai asuransi mobil, jenis-jenis, keuntungan memiliki produk proteksi satu ini dan tips memilih produk terbaiknya. Jadi, sudahkah Anda memutuskan membeli produk yang mana?