PEKANBARU - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengajak pemerintah daerah dan pelaku ekonomi kreatif untuk bersama-sama membangun infrastruktur demi memanjakan turis lokal.

"Saya ingin mengetuk pemerintah daerah dan para kreatif lokal. Sudah saatnya kita untuk membangun infrastruktur turis lokal dan tidak menomorduakan turis lokal," kata Erick dalam acara Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) dan Kenduri Riau 2021 di Taman Rekreasi Alam Mayang Pekanbaru, Riau, Jumat (26/11/2021).

Saat ini, kata Erick, Kementerian BUMN terus berinisiasi untuk berkolaborasi dengan Pemda. Ketika berbincang dengan Gubernur Riau (Gubri), Menteri Erick mengatakan bahwa Gubri meminta untuk dibangun infrastruktur yang menunjang turis lokal, salah satunya di Pekanbaru.

"Tadi saya telepon Pelindo, untuk tanah 2 hektar itu coba kerjasamakan dengan Pemda untuk fasilitasi pembangunan infrastruktur turis lokal dan komunitas kreatif di Pekanbaru," ujar Menteri BUMN.

Erick Thohir mengatakan untuk melakukan tiga hal dan mengajak Indonesia Creative Cities Network (ICCN) dan Pemda untuk melakukan sayembara ketika tanah 2 hektar itu dibangun.

Pertama, harus dibangun berdasarkan desain melayu yang atraktif dengan generasi muda. Kedua, pembangunan berkelanjutan dan ekosistem yang saling menguntungkan. Perlu support pemerintah pusat, pemerintah daerah serta swasta dan komunitas. Ketiga, unique selling atau sesuatu yang berbeda dari yang sudah dibangun ditempat lain. ***