PEKANBARU, GORIAU.COM - Sebagai Sekjen Pengurus Besar Institut Karate-Do Nasional (PB Inkanas), Kapolda Riau, Brigjen Pol Drs Condro Kirono MSi MHum mengusulkan Musyawarah Nasional (Munas) Inkanas pada Januari 2014 mendatang digelar di Provinsi Riau.

Hal ini dilakukan untuk memberikan semangat lebih bagi dunia karate di Bumi Lancang Kuning. Dimana selain agenda pemilihan ketua umum yang baru, Kapolda Riau beserta jajaran pengurus Inkanas berinisiatif memperbaiki Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) organisasi.

"Kita akan lakukan regenerasi kepengurusan, sekaligus profesionalisme pembinaan para atlet karate di seluruh Indonesia, terutama Inkanas," kata Kapolda, Jumat (1/11/2013) lalu saat menerima kunjungan atlet Inkanas Riau, Zulfikri ke Mapolda Riau yang berhasil meraih perunggu pada Kejuaraan Internasional, September lalu.

Selain itu, disebutkan Kapolda, PB Inkanas akan selalu mendukung seluruh program yang dilaksanakan PB Fokri. Karena memang, Inkanas merupakan salah satu perguruan yang berada di bawah Forki.

"Juga (Inkanas) siap berpartisipasi dalam menyumbangkan atlet-atlet yang layak pakai dan mewakili Indonesia di tingkat internasional, baik untuk Inkanas maupun Forki," ungkap Kapolda.

Kemudian kata Kapolda, yang akan menjadi program jangka panjang dimana landasan perguruan Inkanas bisa mandiri. Selain dari sponsor, masing-masing Pengda Inkanas diharapkan mampu berupaya untuk mengembangkan organisasi serta pembinaan atlet menuju prestasi.

Seperti diketahui, hampir seluruh Pengda Inkanas dipimpin oleh Kapolda masing-masing daerah, namun ada juga beberapa yang tidak, seperti Kalimantan Barat dan yang lainnya. (tri)