PEKANBARU, GORIAU.COM - Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau melaksanakan tepuk tepung tawar untuk Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau Brigjen Pol Drs. Dolly Bambang Hermawan, Kamis (4/9/2014). Selain itu, tepuk tepung tawar juga diberikan kepada mantan Kapolda Riau Brigjen Pol Condro Kirono, M.Hum, MM.

Dolly Bambang Hermawan merupakan Kapolda Riau yang baru, setelah adanya mutasi ditubuh Polri. Serah terima jabatan antara Hermawan dan Condro sudah dilakukan beberapa jam sebelumnya di SPN Pekanbaru.

Prosesi tepuk tepung tawar sendiri diawali dengan penyambutan Kapolda lama dan Kapolda baru dengan musik kompang. Peragaan silat melayu pun juga menghiasi penyambutan itu.

Setelah itu, Hermawan dan Condro digiring naik ke Balai Adat Melayu Riau dan dipersilahkan naik ke atas persandingan. Sebagai pembukaan acara inti, Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau, Tennas Effendi memasangkan tanjak (penutup kepala khas Riau) kepada keduanya.

Kemudian, dilanjutkan dengan tepuk tepung tawar oleh tokoh-tokoh melayu Riau. Diantaranya, Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAM Riau, Al Azhar dan Wakil Ketua DPRD Riau, Tengku Rusli Ahmad. Kemudian, ditutup dengan doa.

Tepuk tepung tawar merupakan sebuah prosesi pemberian doa bagi pemimpin di Bumi Melayu. Di dalam ramuan tersebut, terdiri berbagai macam dedaunan yang dianggap mampu menjadi obat.

Dalam sambutannya, mantan Kapolda Riau yang kini menjabat Kepala Korlantas Polri, Condro Kirono menitipkan Kapolda Riau yang baru, kini dijabat oleh Hermawan.

"Saya mengucapkan terimakasih atas segala kebaikan masyarakat Riau selama saya bertugas disini," ujar Condro.

Condro mengakui, sangat banyak pengalaman dan pelajaran yang berharga ia dapatkan di Riau. "Dukungan dan bantuan masyarakat Riau selama ini sangat berguna bagi saya," ujarnya.

"Untuk itu, saya meminta izin untuk melanjutkan pekerjaan di tempat yang baru," kata Condro.

Sementara itu, Hermawan juga memberikan sambutan di hadapan majelis tepuk tepung tawar. Dimana, baginya Riau bukanlah daerah yang asing. Sebab, kedatangannya ke Riau kali ini merupakan yang ketiga kalinya.

"Ini yang ketiga kalinya saya bertugas disini," ujar Hermawan.

Meski demikian, Hermawan tetap meminta petunjuk dan arahan dari pemuka masyarakat Riau dalam menjaga ketertiban umum. Sebab, tunjuk ajar dari LAM Riau sangat berguna agar tercipta situasi yang kondusif.

Kemudian, ucapan terimakasih masyarakat Riau disampaikan oleh Tennas Effendi. Dimana, ia mengapresiasi bagaimana kinerja Condro selama ini. Berbagai persoalan hukum dan sosial kemasyarakatan mampu diselesaikan.

"Seperti masalah kabut asap akibat Karhutla, beliau mau turun bersama masyarakat ke hutan untuk memadamkan api," ujar Tennas.

Disisi lain, lanjut Tennas, Condro juga sangat peduli dengan generasi muda Riau. Berbagai penyuluhan terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba terhadap anak-anak Riau. Sebab, narkoba dapat mengganggu masa depan mereka.

"Kami siap bekerja sama dengan Kapolda, agar generasi muda Riau tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba," katanya.

Diakhir sambutannya, Tennas mengajak seluruh masyarakat Riau agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan. "Mari bersama-sama kita jaga persatuan, agar pembangunan di Riau tetap berjalan lancar," tutupnya.(san)