TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan menandatangani prasasti Bulan Bakti Gotong Royong Mayarakat (BBGRM) ke-XI tahun 2014 sebagai bentuk mewujudkan kembali kegiatan gotong royong di tengah-tengah masyarakat Inhil, dimana belakangan ini, kegiatan rotong royong sudah sulit ditemui di Negeri Seribu Parit ini.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup), H Rosman Malomo, Sekda, Alimuddin RM, Kapolres, AKBP Suwoyo Sik, Kepala SKPD, Camat, Kepala Desa (Kades), Lurah serta Staff Ahli Bangdes Provinsi Riau, Said Ismet ini dilaksanakan di Desa Danau Pulai Indah, Kecamatan Kempas, Rabu (10/9/2014).

Sebagai penyelenggara kegiatan, Kepala BPMPD Inhil, Yulizal mengatakan kegiatan ini dilaksanakan tidak lain untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat atas dasar kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong royongan untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

''Selain juga untuk meningkatkan kemitraan anatara masyarakat dengan pemerintah dalam pembangunan dan meningkatkan rasa memiliki dan tangggung jawab masyarakat untuk memelihara hasil-hasil pembangunan serta meningkatkan rasa kesatuan dan persatuan yang diawali dari keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat,'' kata Yulizal.

Senada dengan hal itu, Bupati Inhil, HM Wardan mengatakan nilai gotong royong masyarakat Inhil sudah mulai menurun. Sehingga sangat sulit menemui masyarakat bekerja bersama-sama baik itu ditingkat desa maupun kelurahan.

''Saya juga heran kenapa ini terjadi, Apa karena proyek dari pemerintah masuk ke desa sehingga ini menurunkan nilai-nilai kegotongn royongan. Padahal niat kita memperbanyak program yang diarahkan ke desa untuk menumbuh kembangkan nilai kegotong royongan, kususnya yang ada di daerah pedesaan,'' jelas HM Wardan.

Untuk itu dengan kegiatan BBGRM ini, HM Wardan mengharapkan masyarakat dapat kembali menjalankan kegiatan yang sifatnya mengandung nilai gotong royong, apalagi dikatakan dia, salah satu program yanga telah dicangkannya yaitu jumat Bersih sejalan dengan nilai gotong royong.

''Jadi saya mengharapkan kepada camat, Kades dan Lurah mari kita gerakan masyarakat minimal seminggu sekali melaksanakan kegiatan ke gotong royongan. Mulai dari tempat terkecil yaitu halaman rumah sendiri,''harap Bupati.(ayu)