SELATPANJANG, GORIAU.COM - Setelah menjalani proses latihan selama hampir dua bulan, kembali Komunitas Seni Muda Bernas (KEMAS) Meranti melaksanakan kegiatan rutin "Bentang Karya". Kegiatan yang dimotori oleh Bidang Seni Teater ini tetap mengangkat tema besar Kemas yakni Bangun Seni Maju Negeri.


Jaka, selaku Ketua Pelaksana Kegiatan, didamping Berty Asmara selaku Pembina Kemas Meranti ketika di Aula SMAN 2 Selatpanjang, Minggu (11/5/2014) siang. Menyambut positif terhadap bentang karya ini. Katanya, seperti Bentang Karya sebelumnya sekitar 2 bulan yang lalu, mereka tetap menampilkan karya berdasarkan dari masing-masing bidang yaitu Teater, musik tari, vokal, sastra dan seni rupa.
"Saya sangat bangga dengan seluruh anggota Kemas yang sudah berusaha semaksimal mungkin dalam melaksanakan bentang karya ini, mudah-mudahan kita tetap menjaga kekompakan Kemas ini demi terus melestarikan kebudayaan yang kita sanjung selama ini, yakni seni budaya Melayu. Juga demi keberlangsungan Kemas dimasa mendatang", ujarnya disela-sela bentang karya tersebut.
Sementara itu, Ketua Kemas, Heru S, juga memberikan apresiasi positif terhadap kegiatan ini, dengan menekankan pada peningkatan karya di masa mendatang.
"Saya berharap rekan-rekan nantinya dapat lebih meningkatkan karya, tetap menjaga kualitas karya, dan harus terus belajar dan berlatih, demi Kemas yang lebih maju," ujar Heru pula.
Bentang Karya kali ini terasa istimewa karena dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kepulauan Meranti Drs H Ismail Irsyad. Beliau menyempatkan diri untuk ikut bersama menikmati karya-karya yang ditampilkan anak-anak kemas.
Dapat disampaikan pula Kemas Meranti yang dibina langsung oleh Berty Asmara ini, tetap berupaya melestarikan nilai-nilai seni dan budaya Melayu, khususnya kepada anggota Kemas dan generasi penerus Kepulauan Meranti pada umumnya. Sehingga nilai-nilai tersebut bisa terus terpatri disanubari generasi penerus, Dan nantinya tak perlu cemas menghadapi perkembangan zaman yang semakin kompleks.(zal)