SELATPANJANG, GORIAU.COM - Komunitas Seni Muda Bernas (Kemas) Kepulauan Meranti kembali menoreh prestasi yang membanggakan Kabupaten Kepulauan Meranti. Kalau beberapa bulan lalu Kemas meraih peringkat ke III dalam parade tari se Riau, kal ini komunitas yang dibina Berty Asmara itu berhasil masuk dalam 5 daftar penyaji terbaik dalam iven Kompetisi Musik Inovatif.


Kompetisi itu ditaja oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Riau di bawah Taman Budaya Riau yang dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2014 malam di Gedung Idrus Tintin.
Tema Serakal yang dikemas dalam bentuk komposisi musik Melayu ini merupakan tradisi yang dimiliki oleh masyarakat Riau pada umumnya. Sehingga kemasannya memberikan warna tersendiri di ranah musik Riau.
"Kita harus memberikan apresiasi positif terhadap generasi muda yang memiliki multi talenta seperti yang kita saksikan bersama tadi, mengingat untuk berkarya memerlukan intuisi yang tajam serta disanding dengan bagaimana kita bisa mencerna sebuah karya sastra menjadi sebuah garapan yang menarik untuk dinikmati," ujar Eka Saputra yang merupakan salah seorang dari tim penilai pada acara tersebut.
Demikian pula yang disampaikan SPN Zuarman Ahmad, ketika ditemui usai acara tersebut.
"Banyak sekali karya sastra lisan yang ada di Riau ini untuk dijadikan dasar sebagai acuan kita menggarap komposisi serupa.
Ke depan rencananya Dinas Pariwisata Provinsi berencana akan melaksanakan kegiatan serupa dengan tema yang berbeda.
Pembina Kemas Meranti, Berty Asmara, ketika dihubungi, Minggu (31/8/2014) mengatakan garapan musik oleh Muhadi Apriansyah berhasil membawa Kemas Meranti masuk ke dalam 5 Daftar Penyaji Terbaik. Berty juga mengaku sangat bangga dengan prestasi anak-anak Kemas yang sampai hari ini masih bisa terus aktif berkarya.
"Alhamdulillah Kemas diberi kepercayaan lagi oleh Dinas Parpora Kepulauan Meranti untuk ikut even ke level provinsi," Ujar Berty Asmara.(zal)