PEKANBARU - Harga minyak bumi yang meningkat pesat pekan ini mendorong harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) menjadi naik.

Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Perkebunan, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau, Tengku Neni Mega Ayu menjelaskan, bahwa kondisi ini bisa terjadi karena minyak bumi merupakan bahan baku solar yang menjadi saingan dari biodiesel yang berasal dari sawit.

"Aura positif damai dagang Amerika Serikat (AS) dan China juga ikut mendorong kenaikan harga CPO," kata Tengku di Pekanbaru, Rabu (10/4/2019).

Selain itu, perkiraan menurunnya produksi juga ikut memberi sentimen positif terhadap pasar.

"Semoha kondisi ini berlangsung lama. Sehingga harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit terus meningkat," ujarnya.

Pekan ini, harga TBS kelapa sawit di Riau pada penetapan periode 10-16 April 2019 mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur kelapa sawit dengan jumlah kenaikan terbesar pada kelompok umur 10-20 tahun yang mengalami kenaikan harga sebesar Rp34,97 per kilogram.

"Kenaikan harganya mencapai 2,37 persen dari harga minggu lalu, sehingga harga TBS kelapa sawit periode saat ini menjadi Rp1.510,05 per kilogram," ungkapnya.

Di mana, kenaikan harga TBS kelapa sawit ini disebabkan oleh akumulasi kenaikan harga jual CPO dan kernel dari seluruh perusahaan yang menjadi sumber data.

Yaitu, untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami kenaikan sebesar Rp85,50 per kilogram, Sinar Mas Group mengalami kenaikan sebesar harga sebesar Rp117,80 per kilogram, Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp87,27 per kilogram, Asian Agri Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp88,67 per kilogram, dan PT Citra Riau Sarana mengalami kenaikan sebesar Rp70,35 per kilogram dari harga minggu lalu.

Sedangkan, untuk harga jual kernel, Sinar Mas Group mengalami kenaikan sebesar Rp19,6 per kilogram, Astra Agro Lestari Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp22,73 per kilogram, Asian Agri Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp20,67 per kilogram dan PT Citra Riau Sarana mengalami kenaikan sebesar Rp3,00 per kilogram dari harga minggu lalu. ***