SIAK - Dengan dilantiknya pengurus cabang (Pengcab) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kabupaten Siak yang diketuai Rony Rakhmat, Ketua ISSI Riau yakin kekurangan atlet sepeda akan terpenuhi khususnya dari Siak.

"Saat ini jumlah atlet sepeda di Riau terus menurun jumlahnya, karena regulasi PBSI yang baru membatasi usia maksimal atlet sepeda. Dan sampai saat ini atlet sepeda dari Siak masih mendominasi, termasuk yang berprestasi," kata Syamsuarizal Saleh, Ketua Pengprov ISSI Riau, kepada GoRiau.com, Rabu (5/9/2018) malam.

Dengan adanya pembatasa usia itu, ISSI Riau yakin dan optimis pengurus ISSI Siak yang mendapat dukungan penuh dari pemerintah Kabupaten Siak dan berbagai pihak swasta ini dapat mencari bakat dan membina serta melahirkan atlit sepeda baru yang akan mengharumkan nama provinsi Riau.

"Kita akan masukan atlet sepeda asal Siak dalam PON 2020 serta mengikuti tryout Asian Games di Filiphina. Prestasi Lela dan Salsa, atlet sepeda Putri yang memberikan penghargaan untuk mengikuti sepeda nusantara yang disponsori oleh Menpora dan akan berakhir di Pulau Bali," pungkas Syamsurizal.

"Kita semua bangga dengan prestasi tersebut diharapkan nanti akan langit sepeda lainnya dari Kabupaten Siak apalagi mempunyai kemampuam yang bersifat rasional bahkan internasional. Sekarang karena keterbatasan membuat kami mengirimkan atlet sepeda dalam berbagai perlombaan," ujarnya menambahkan.

ISSI adalah organisasi atau wadah menyalurkan bakat pencinta olahraga sepeda. Makanya, keberadaannya tidak hanya di tingkat Nasional, Provinsi saja tapi juga berkembang sampai ke tingkat Kabupaten bahkan ke tingkat kecamatan.

"Hebatnya ISSI Siak yang sudah terbentuk 2012 silam hingga kini terus melaksanakan iven besar seperti Tour de Siak dengan peserta dari berbagai negara. Kegiatan ini juga menyedot perhatian wisatawan hingga datang berkunjung ke Siak," sebut Syamsuarizal lagi.***