PEKANBARU, GORIAU.COM - Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) Lembaga Adat Melayu Riau (LAM Riau) H. Tenas Effendy didaulat untuk memberikan kuliah mata kuliah Apresiasi Budaya Melayu kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau (UR), di Balai Adat Melayu Riau, Jumat (6/6/2014).

"Sehubungan adanyanya perkuliahan mata kuliah Apresiasi Budaya Melayu, kami bersama mahasiswa ingin mengenal lebih dalam tentang kebudayaan Melayu dan adat istiadat yang tercakup di dalamnya," kata Ketua Program Studi PGSD UR Drs. H. Lazim N, M.Pd dalam surat resmi yang ditujukan kepada Ketua MKA LAM Riau, belum lama ini.

Adapun materi yang didiskusikan pada kesempatan tersebut meliputi tugas dan fungsi LAM Riau, sejarah kebudayaan Melayu dan peradabannya, serta tunjuk ajar budaya Melayu.

Dalam pemaparannya, Tennas Effendi menjelaskan bagaimana peradaban melayu dan berdirinya LAM Riau. Dimana, dalam beradat dan berbangsa tidak lari dari pedoman hidup. Pedoman hidup tersebut diuraikan dalam tunjuk ajar budaya Melayu. "Semuanya tidak lepas dari Syara' dan Kitabullah," katanya.

Sementara itu, mahasiswa sangat antusias mendapat ilmu baru langsung dari tokoh terkemuka di Riau. Mereka dengan serius dan kritis bertanya tentang budaya Melayu, mengingat di Riau sangat beranekaragam budaya.(rls)