JAKARTA - Timnas Indonesia meraih poin penuh pada pertandingan pembuka Piala AFF 2022. Anak asuh Shin Tae-yong menaklukkan Kamboja 2-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (23/11/2022).

Egy Maulana Vikri ('7) dan Witan Sulaeman ('35) mencetak gol bagi Tim Garuda di laga Indonesia vs Kamboja. Sementara Sareth Krya ('13) menyumbang gol bagi Kamboja.

Meski cuma unggul tipis, hasil ini tetap penting bagi Indonesia. Raihan tiga angka krusial dalam usaha Tim Garuda menandingi Thailand untuk menempati dua posisi teratas grup, yang berarti lolos ke semifinal.

Indonesia kini berada di peringkat tiga kalsemen sementara Grup A. Timnas untuk sementara kalah selisih gol dari Thailand dan Filipina yang memiliki poin serupa. Kedua negara unggul produktivitas karena meraih kemenangan besar atas Brunei. Thailand menang 5-0. Filipina kemudian mengikuti jejak Gajah Perang dengan berjaya 5-1, Jumat malam.

Berikut klasemen Piala AFF 2022 pada persaingan Grup A:

Peringkat-Negara-Main-Menang-Imbang-Kalah-Gol-Poin

1 Thailand 1 1 0 0 5-0 3

2 Filipina 2 1 0 1 7-4 3

3 Indonesia 1 1 0 0 2-1 3

4 Kamboja 2 1 0 1 4-4 3

5 Brunei 2 0 0 2 0-5 0

Indonesia sudah merobek gawang Kamboja pada menit kedua. Namun, Egy Maulana Vikri dalam posisi offside saat menerima umpan Muhammad Rafli. Egy kembali mengancam di menit kelima. Kali ini tandukannya masih melambung.

Tekanan Tim Garuda akhirnya berbuah manis. Egy mencatatkan nama di papan skor usai meneruskan umpan silang Pratama Arhan pada menit ke-7. Kamboja membalas. Tendangan bebas menemukan Soeuy Visal. Tapi sundulannya melebar.

Indonesia balik menekan. Timnas dengan sabar membuka pertahanan Kamboja. Namun, tendangan Witan Sulaeman masih membentur mistar. Kamboja tidak tinggal diam. Kelengahan pertahanan memaksa Nadeo Argawinata bekerja. Kamboja bahkan bisa menyamakan kedudukan di menit ke-13 melalui tandukan Sareth Krya yang meneruskan umpan Seut Baraing.

Indonesia coba kembali memimpun. Tendangan Ricky Kambuaya masih melebar. Begitu pula usaha Marselino Ferdinan dan tendangan bebas Marc Klok. Tekanan Indonesia akhirnya berbuah hasil. Lewat serangan balik, bola jauh menemukan Marselino Ferdinan. Dia langsung melepas umpan silang yang disambut Witan yang merobek gawang Kamboja di menit ke-35.

Bola terobosan Indonesia kembali membahayakan Kamboja. Egy lolos sendirian dan tinggal berhadapan dengan kiper lawan. Sayang dia gagal melewati sang penjaga gawang. Tidak ada gol tambahan di sisa babak pertama laga Indonesia vs Kamboja pada Piala AFF 2022. Indonesia untuk sementara unggul 2-1.***