DURI - Gerakan Edukasi 'Makan Ikan Cegah Stunting di PAUD' yang serentak seluruh Indonesia ini juga dilaksanakan di PAUD Nur Ramadhani. Bahkan para guru punya cara yang sangat kreatif menumbuhkan minat anak untuk menyukai ikan sebagai makanan favorit.

Dari banyaknya rangkaian kegiatan yang dibuat Guru PAUD Nur Rumadhani, ada kegiatan yang sangat mencuri perhatian yaitu mengenalkan ikan yang masih hidup di habitatnya dengan cara memancing bersama anak serta membuat bakso berbahan ikan.

Anak-anak dari Kelompok Bermain (KB) terlihat antusias dan banyak yang bertanya kepada Camat Mandau, Riki Rihardi dan Anggota DPRD Bengkalis Syafroni Untung yang mendampingi anak-anak memancing ikan pada kegiatan Gerakan Edukasi Makan Ikan Cegah Stunting di PAUD.

Demikian juga saat para guru mengenalkan bakso berbahan ikan. Para guru memperagakan bagaimana cara membuat bakso ikan serta bahan-bahannya. Kemudian anak-anak dengan seragam olahraga bergambar polisi cilik itu juga diajak membulat-bulankan bakso yang sudah diadon gurunya.

Pengelola KB Nur Ramadhani, Peni Wulandari S.Psi kepada GoRiau.com mengatakan rangkaian kegiatan lainnya juga masih banyak. Anak didik juga mengikuti gerak lagu dan bernyanyi 'Aku Anak Indonesia Suka Makan Ikan' dan beberapa lagu ikan lainnya.

"Kegiatan kita tadi juga diisi dengan membacakan buku cerita bertema ikan, Setelah itu anak-anak diajak untuk makan bersama dengan menu ikan dan sayur yang dimasak oleh walimurid di sekolah. Bahkan Bunda PAUD Kecamatan Mandau, Bunda Dewi Asdinar ikut menyuapkan anak-anak KB makan ikan," kata Peni.

Menurut Peni, rangkaian kegiatan yang mereka buat targetnya adalah untuk mendorong minat anak menyukai makanan berbahan ikan. Sebab ikan memiliki gizi yang baik dan dapat membuat anak cerdas.

"Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh, terutama disebabkan karena kekurangan gizi kronis yang terjadi di usia balita. Jadi kita mendorong mereka (anak-anak) makan ikan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak-anak,” katanya.

Peni juga memastikan, kegiatan yang diselenggarakannya tidak sekedar seremonial. Melainkan dapat mensukseskan program pemerintah pusat untuk mencegah terjadinya stunting di wilayah Kecamatan Mandau.

Tak heran jika nama PAUD Nur Ramadhani yang berlamat di Jalan Tribrata Kelurahan Duri Barat, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau ini populer hingga ke tingkat Nasional, karena banyak prestasi yang ditorehnya.

PAUD ini pernah membuat kegiatan Gernas Baku tingkat Nasional dan menjadi sekolah dengan kegiatan parenting terbaik serta tercatat dalam peta Internasional untuk kegiatan belajar di luar kelas (outdoor).

TK Nur Ramadhani sejak mulai didirikan terus berinovasi dan kreatif dalam menggas berbagai kegiatan untuk anak didiknya. Ditambah peran orangtua yang sangat menunjang terlaksananya kegiatan tersebut. ***