TELUKKUANTAN - Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau meraih piala adipura pada tahun 2017 ini. Piala tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi kepada Bupati Kuansing Drs. H. Mursini, MSi, Rabu (2/8/2017) di Jakarta.

Penghargaan tersebut diberikan setelah Telukkuantan terpilih sebagai kota kecil terbersih di Indonesia.

Prestasi ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemerintah dan masyarakat Kuansing. Sebab, keinginan untuk mendapatkan piala adipura sudah lama diidamkan.

"Alhamdulillah, akhirnya Kuansing menerima piala adipura. Sebagai masyarakat Kuansing, kita sangat bangga," ujar Eka, warga Kuansing saat berbincang-bincang dengan GoRiau.com, Kamis (3/8/2017) pagi di Telukkuantan.

Dikatakan Eka, pada saat ini tak perlu memperdebatkan layak atau tidak layaknya Kuansing meraih piala adipura. Tentunya, Kota Telukkuantan memenuhi indikator dan kriteria yang telah ditetapkan panitia.

Senada dengan itu, Wulan seorang mahasiswi di Kuansing juga kagum dengan torehan Pemkab Kuansing. Menurutnya, piala adipura yang diraih saat ini merupakan usaha kerja keras pemerintah dalam beberapa tahun terakhir.

"Kita apresiasi pemerintah, terutama Dinas Lingkungan Hidup yang telah berjuang sejak lama untuk mendapatkan penghargaan tertinggi ini," ujar mahasiswi berkerudung tersebut.

"Dengan kondisi Kota Telukkuantan seperti ini, Kuansing bisa meraih piala adipura. Tentu, tanggungjawab moral semakin berat. Karena, kita tak lagi mengejar piala adipura, tapi bagaimana mempertahankannya. Semoga, Kuansing tetap bisa mempertahankan pada tahun-tahun berikutnya," tambah Wulan.

Apresiasi yang sama juga disampaikan Indah. Ia berharap, piala adipura dapat memicu kesadaran semua pihak untuk menjaga kebersihan lingkungan.

"Harapannya, ke depan kebersihan Kota Telukkuantan ini benar-benar seperti kategori piala adipura," pungkas wanita cantik itu.***