BENGKALIS, GORIAU.COM - Bupati Bengkalis telah menyetujui penambahan armada kapal roro yang diusulkan PT Jembatan Maritim melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi. Dengan bertambahnya satu armada lagi, maka pada lebaran nanti akan ada lima kapal yang beroperasi melayani arus penyeberangan dari Bengkalis-Sungai Selari atau sebaliknya.

Armada baru yang ditawarkan pihak Jembatan Maritim kepada Pemkab Bengkalis adalah KMP Nahari Nusantara dengan kapasitas 800 GT lebih. Saat ini masih berada di Kalimantan dan diharapkan sebelum lebaran sudah sampai.

''Alhamdulillah, Pak Bupati sudah setuju untuk penambahan armada satu lagi. Insyaallah sebelum lebaran sudah bisa beroperasi. Kita harapkan kedatangan armada ini bisa mengurai antrean panjang saat lebaran nanti,'' ujar Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bengkalis, Arman AA ketika dihubungi, Kamis (18/7).

Hanya memang kata Arman, kendati direncanakan kapal yang beroperasi saat lebaran nanti berjumlah lima buah, namun karena jeti/pelabuhan hanya satu, antrean panjang tetap akan sulit dihindarkan.

''Seperti tahun lalu, armada yang melayani penyeberangan 4 kapal, tapi antrean tetap terjadi. Mudah-mudahan pembangunan perluasan pelabuhan berjalan sesuai rencana, tahun depan kita sudah memiliki dua pelabuhan,''ujarnya lagi.

Ditanya soal KM Banyu Mas yang terlalu lama docking di Batam, menurut Arman, pihaknya sudah membuat surat teguran kepada pihak perusahaan. Pihaknya tetap berharap, Banyu Mas sudah kembali ke Bengkalis sebelum lebaran untuk membantu pelayanan penyeberangan sehingga lebih maskimal lagi.(jfk)