PEKANBARU, GORIAU.COM - Tingginya kreatifitas dan produktifitas seni, budaya serta hiburan di Riau, membuat Lembaga Sensor Film (LSF) memasukkan Riau sebagai target pembentukan LSF Daerah pada tahun 2013 mendatang. Saat ini LSF masih melakukan road show tentang pembentukan perwakilan LSF.

Hal ini diungkapkan Ketua LSF Muchlis Paeni usai hearing dengan Komisi A DPRD Riau, Senin (3/12/2013). Menurutnya, Riau termasuk dalam 13 daerah yang memiiki kreatifitas tinggi dalam produksi film, karena itu, perlu dibentuk LSF Perwakilan Riau.

Selain memproduksi sendiri, Riau yang berada di perbatasan antar negara yaitu, Malaysia dan Singapura juga rentan terhadap globalisasi industri perfilman internasional.

Kedatangan LSF ke Riau bertujuan agar pemerintah daerah bisa mempersiapkan apa yang nantikan diperlukan saat perwakilan LSF daerah mulai terbentuk.

Menurutnya, pembentukan perwakilan LSF di daerah sudah mendesak mengingat perkembangan digitalisasi film, arus globalisasi dan munculnya industri budaya atau ekonomi kreatif.

''Dengan alasan-alasan itu, mengapa tidak memberi hak kepada daerah untuk mengembangkan kebudayaan, yaitu dengan memunculkan Perwakilan Lembaga Sensor Film,'' ujarnya.

Menurutnya, kreatifitas perlu bertanggung jawab dan berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara. Keberadaan LSF di daerah ini nantinya akan menjadi kepanjangan tangan LSF Pusat.

''Kita berharap Riau bisa mempersiapkan diri dan tahun depan bisa berdiri. Pendanaannya bisa melalui APBN dan APBD,'' ujarnya. (nti)