TELUKKUANTAN - Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda), Kuantan Singingi (Kuansing), Riau harus diisi oleh putra daerah. Sebab, putra daerah dinilai lebih menguasai kondisi daerah dan kultur daerah, tidak perlu penyesuaian lagi.

Harapan ini disampaikan Rio Zulfa Hendra, Wakil Presiden Mahasiswa Uniks, Selasa (21/12/2021) siang, menanggapi proses asesmen jabatan Sekda Kuansing yang sedang berlangsung.

"Kuansing ini punya SDM yang mumpuni dan tidak diragukan lagi. Saya pikir, putra daerah lebih siap mengabdikan diri untuk kemajuan Kuansing. Mereka tak perlu waktu untuk beradaptasi, langsung aksi," ujar Rio di Telukkuantan.

Dikatakan Rio, jabatan Sekda sangat strategis dalam menjalankan roda pemerintahan. Karena itu, diperlukan orang-orang yang visioner dan bekerja secara profesional.

"Kalau putra daerah, kami yakin, mereka punya beban moral untuk memajukan daerahnya. Karena itu, kami sangat mendukung jabatan Sekda diisi oleh putra daerah," kata Rio.

Karena itu, mahasiswa mengingatkan Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby agar tidak salah langkah dalam menentukan Sekda. Sebab, jika salah dalam menentukan Sekda, maka akan berakibat fatal terhadap pembangunan Kuansing ke depan.***