PEKANBARU - Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman tercengang saat mengunjungi Pesantren Teknologi Riau (PTR), Jalan Raya Pasir Putih, Pandau Jaya, Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Pasalnya, santri-santri di pesantren ini terbilang cakap dalam berbahasa Arab dan Inggris.

"Bakat anak-anak di Pesantren Teknologi ini begitu luar biasa. Pandai berbahasa inggris dan arab. Kalau bahasa inggris, saya masih ngerti lah. Ini mereka (santri, red) bisa mengusai keduanya," kata pria yang akrab disapa Andi Rachman tersebut saat memberikan kata sambutan dalam pertemuan di PTR, Kampar, Jumat (15/9/2017).

Orang nomor satu di Riau ini pun mendorong para santri PTR untuk terus mengasah keahlian mereka dalam berbahasa Inggris maupun Arab. Sebab, kecakapan dalam berbahasa sangat dibutuhkan dimasa yang akan datang. Terlebih lagi, Indonesia telah memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Anak-anak ikutlah TOEFL, biar tahu dimana kurangnya untuk mengasah kemampuan berbahasa inggrisnya. Beasiswa dari luar negeri banyak, jadi anak-anak bisa ikut tes beasiswa. Apa lagi kalau punya toefl yang banyak antara 550-600. Pasti cepat diterimanya," kata Gubri memotivasi.

Selain itu, Gubri juga berdoa semoga alumni-alumni terbaik PTR nantinya dapat membantu pemerintah dalam menciptakan lapangan pekerjaan.

"Tuntutlah ilmu dengan sungguh-sungguh dan semoga sukses selalu," tutupnya. ***