SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Penerimaan siswa baru untuk Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menangah Atas (SMA) di Kabupaten Siak sudah dimulai, Senin (24/6/2013). Khusus bagi yang akan masuk SMP dan SMA unggulan, salah satu syarat adalah harus pandai membaca Al Quran.

''Masyarakat Melayu identik dengan Islam karena itu, seluruh siswa harus pandai membaca Al Quran khususnya untuk siswa SLTP dan SLTA unggulan,'' ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Siak Drs Kadri Yafis MPd kepada wartawan, Senin (24/6/2013).

Menurutnya test membaca Alquran tersebut berlaku untuk tingkat SLTP dan SLTA unggulan dan bagi yang tidak lolos bisa juga bersekolah di sekolah lainnya.

Pada kesempatan itu, Kadri Yafiz juga menjelaskan bahwa pihaknya sudah menginstruksikan bahwa untuk penerimaan siswa baru tidak diperbolehkan adanya pungutan. ''Kepada seluruh sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Siak diingatkan tidak memunggut dana apapun terhadap calon siswa, semuanya telah di danai oleh APBD Kabupaten Siak,'' jelas Kadri.

Sesuai dengan arahan Bupati Siak, tambahnya, Pemerintah Kabupaten Siak telah memberikan anggaran terhadap dunia pendidikan yang memadai guna mewujudkan pendidikan gratis mulai dari tingkat sekolah dasar sampai sekolah lanjutan tingkat atas. (sks)