BAGANSIAPIAPI - Walau harga bahan-bahan kebutuhan dapur naik, harga ikan, udang, sayur-mayur naik, namun  harga kuliner dan takjil tetap stabil.

Hal ini disebutkan beberapa orang pedagang kuliner, takjil, minuman untuk perbukaan puasa di Pasar Ramadhan, Senin (25/3/2024). Kalaupun terjadi kenaikan harga bahan baku untuk memasak kuliner, tidak membuat pedagang menaikan harga merta.

''Semua bahan-bahan bumbu memasak dan membuat kue naik, kami pedagang memilih tetap menjualnya dengan harga terjangkau,'' sebut Anto (52), pedagang warung nasi yang berjualan gulai, sambal di pasar Ramadhan tersebut.

"Khusus bulan Ramadhan, kami berjualan di Pasar Ramadhan ini, setiap tahunnya berjualan disini,'' ucapnya.

Pasar Ramadhan yang diresmikan Bupati Rohil, Afrizal Sintong diawal Ramadhan 1445 Hijriah lalu setiap sore hingga menjelang berbuka puasa ramai dikunjungi pembeli. Jika tidak memasak di rumah, cukup mendatangi pasar Ramadhan yang terketak di Jalan Mawar Bagan Kota, Bagansiapiapi Rokan Hilir ini.

Jika pembeli datang kesini, akan dimanjakan dengan beragam masakan khas Melayu Bagansiapi dan sambal atau gulai tradisional dengan harga merakyat atau terjangkau.

Ada saak terong (gulai khas terong), bakar ikan, gulai kerang, berbagai jenis ikan dan sayur-mayur dengan harga dibandrol dari Rp10.000 sampai Rp15.000 satu porsi.

Tidak hanya menjual berbagai jenis kuliner atau makanan juga tersediaan betbagai jenis minuman yang dijual disini. "Pasar ini disediakan untuk masyarakat yang ingin membeli makanan dan minuman pebukaan, harganya juga murah-meriah,'' sebut Yuda.

Bahkan Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong saat membuka resmi pasar Ramadhan 1445 Hijriah awal Ramadhan tersebut meminta agar pejabat dan ASN berbelanja di pasar ini demi menggerakkan perekonomian pedagang.

"Saya saja belanja disini, kemaren juga saat membuka Bazar atau pasar Ramadhan ini, saya mengingatkan pejabat dan ASN berbelanja disini, saya dapat informasi ternyata warga Bagan yang non muslim juga berbelanja disini sebab beragam kue dan masakan dijual disini,'' sebut Afrizal Sintong. ***