SELATPANJANG – Sejumlah jalan di Kota Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau dipadati pengendara menjelang waktu berbuka puasa Ramadhan 1445 H/2024 M.

Hal itu terlihat dari pantauan GoRiau.com, Rabu (13/3/2024) sore tepatnya memasuki hari kedua puasa Ramadhan 2024. Namun hal serupa juga sudah terpantau padat sejak puasa pertama yang ditetapkan pemerintah yakni Selasa (12/3/2024).

Para pengendara ini umumnya jalan-jalan sore menjelang waktu berbuka atau biasa disebut ngabuburit dan membeli menu untuk berbuka puasa.

Untuk di sejumlah persimpangan, pihak kepolisian tampak membantu mengurai kemacetan yang terjadi. Salah satunya di persimpangan Jalan Kartini-Diponegoro.

Eny, salah seorang pengendara mengaku senang bisa jalan-jalan sore menjelang waktu berbuka puasa meski dengan kondisi kendaraan padat di jalan terutama di sejumlah persimpangan.

"Ini sudah biasa, karena hampir setiap tahun kalau sore-sore di bulan ramadhan ini pasti ramai. Sedangkan hari biasa aja ramai kalau sore-sore apalagi ini bulan puasa," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Amin, yang mengaku telah terbiasa dengan kepadatan tersebut. Namun, dia memilih keluar lebih awal sekitar pukul 16.00 WIB untuk membeli juadah berbuka puasa.

"Kalau sudah jam 5 (17.00 WIB) itu pasti padat jalannya. Makanya kalau kami jam segitu sudah selesai membeli juadah berbuka puasanya," ungkapnya. ***