SELATPANJANG - Camat Tebingtinggi Barat melarang desa membawa qari qariah dari luar Kabupaten Kepulauan Meranti saat pelaksaan MTQ tingkat kecamatan di Tanjung Darul Takzim. Pasalnya, Tebingtinggi Barat betul-betul akan mempersiapkan qari qariah berbakat di semua cabang pertandingan.

Pembahasan masalah MTQ tingkat kecamatan ini telah dibicarakan dalam rapat yang digelar di Kantor Camat Tebingtinggi Barat, Jumat (17/2/2017). Hadir saat itu Camat Helfandi, seluruh kepala desa se Kecamatan Tebingtinggi Barat dan beberapa tokoh lainnya.

Saat rapat, Kepala Desa Mekong A Rahman S mengutarakan pendapat. Dimana, waktu itu Rahman meminta komitmen setiap desa agar tidak membawa peserta (qari qariah, red) dari luar daerah. Sebab menurut A Rahman, jika itu dilakukan, nantinya akan merugikan Kabupaten Kepulauan Meranti sendiri.

"Kalau ada yang bawa peserta dari luar kabupaten, resikonya saat MTQ tingkat kabupaten. Qari qariah itu akan ikut kabupaten asalnya," kata A Rahman.

Diakui A Rahman, dulu peserta dari Desa Mekong seringkali mendapat nomor terbaik pada pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan. Namun, sejak beberapa tahun belakangan itu tidak lagi terjadi, sebab melawan qari qariah Desa Mekong melawan peserta dari luar daerah (bon).

Menanggapi ini, Camat Tebingtinggi Barat Helfandi setuju tidak ada peserta dari luar. Menurut Helfandi, pada pelaksanaan MTQ Tebingtinggi Barat tahun 2017 nantinya harus mengutamakan anak-anak tempatan (Tebingtinggi Barat, red). Jika di desa tidak ada qari qariah siap ikut bertanding, maka dibolehkan mengambil peserta dari luar dengan catatan harus dari Kepulauan Meranti.

"Saya sepakat kalau anak yang ikut itu adalah anak daerah Meranti, bukan dari luar (lain kabupaten , red). Kalau sudah menyangkut perwakilan kabupaten harus ada komitmen dan perjanjian awal dengan qari qariahnya," ujar Helfandi.

Untuk pelaksanaan MTQ tahun 2017 ini, kata Helfandi dilaksanakan pada Bulan April atau pekan keempat Bulan Maret. Persiapan MTQ sudah dimulai, dan lokasi yang ditetapkan adalah di halaman masjid Desa Tanjung Darul Takzim.

"Insya Allah tahun ini semua cabang dilombakan. Tambahan lain seperti tahun-tahun sebelumnya, lomba bazar produk unggulan desa dan pawai taaruf," kata Helfandi. *** #Semua Berita Kep Meranti, Klik di Sini