PEKANBARU, GORIAU.COM - Pakar bioteknologi dari International Islamic University (IIU) Malaysia, Prof. DR. Ir. H. Irwandi Jaswir, MSc, menjadi pembicara tunggal pada Seminar 'Perkembangan Industri Halal' yang ditaja Fakultas Agama Islam (FAI), Universitas Islam Riau (UIR), Pekanbaru, Sabtu (29/8/2015) besok mulai pukul 09.00 sampai selesai.

Panitia seminar Zulkifli Rusby kepada wartawan, Jumat (28/8/2015), mengatakan seminar akan diikuti sekitar 200 orang dari kalangan dosen dan mahasiswa UIR, terutama dari FAI, Fakultas Pertanian dan Sains lainnya. Seminar juga terbuka untuk umum, praktisi dan perusahaan industri makanan dan kosmetik.

Menurut Zulkifli, kesempatan berharga ini sangat jarang. Apalagi pembicara yang didatangkan dari negeri jiran ini merupakan pakar bioteknologi terkenal di dunia, terutama berkaitan dengan industri halal. ''Banyak produk industri kita terutama makanan dan kosmetik yang tidak halal, lalu bagaimana mendeteksinya dan mensiasatinya, nanti akan dikupas dalam seminar ini,'' ujarnya.

Prof. DR. Ir. H. Irwandi Jaswir, MSc, sebenarnya putra Riau berdarah Minang yang berkiprah sebagai guru besar dan Direktur Institut Halal IIU Malaysia. Menamatkan S1 di IPB Bogor, S2 di UPM Malaysia dan S3 di Kanada, serta post doktoral di Jepang, Irwandi tunak mengajar di Fakultas Teknik IIU. Irwandi telah melanglang buana memberikan seminar, forum ilmiah, dan riset. Ratusan jurnal international sudah dihasilkannya.

Putra keenam dari tujuh bersaudara ini sudah mempatenkan alat pendeteksi halalnya. Saat ini Irwandi banyak melakukan kerjasama riset halal dengan Jepang dan Arab Saudi. Bapak empat anak ini pernah tampil di acara Kick Andy dengan tema kiprah ilmuan Indonesia di luar negeri. ''Suatu saat saya akan pulang bila Indonesia membutuhkan saya,'' katanya ketika ditanya Andy F. Noya pada acara itu. ***