PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Pelalawan terus mewacanakan pengembangan mutu pendidikan salah satunya dengan membangun perpusatakaan di seluruh kecamatan di sana. Sampai saat ini, bahkan Kantor Arsip dan Pustaka setempat telah disibukkan mengelola sebanyak 43 perpusatakaan dengan total koleksi buku yang mencapai 4.583 judul.

"Dari sebanyak 4.583 judul itu, total keseluruhannya yakni mencapai 24.137 eksemplar. Rencananya, pada tahun ini juga kami akan menerima hibah dari provinsi sebanyak 455 judul dengan jumlah 8.595 eksemplar," kata Kepala Kantor Arsip dan Pustaka Kabupaten Pelalawan, HT Ubaidillah, Kamis (30/5/2013).

Selain itu, kata dia, ada juga hibah sebanyak 73 judul buku dengan 571 eksemplar, kemudian pemkab juga akan melakukan pengadaan kurang-lebih sebanyak 418 judul buku dengan jumlah eksemplar sebanyak 1.600. "Alhamdulillah, memang tiap tahunnya koleksi buku di Pelalawan terus bertambah," katanya.

Dia mengatakan, untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah ini terkait dengan keberadaan Akademi Komunitas Negeri (AKN) Pelalawan, pihaknya juga akan melakukan pengadaan sebagian buku-buku yang diperlukan oleh kampus AKN Pelalawan itu. Dengan begitu, diharapkan akan terjadi simbiosis mutualisme antara Perpustakaan Daerah dengan AKN Pelalawan.

"Artinya, para mahasiswa secara otomatis akan semakin sering berkunjung ke sini karena kita menyediakan buku-buku yang diperlukan," ujarnya.

Wah!!! Ayo membaca...!(ilm)