SELATPANJANG – Penumpang yang hendak bepergian dari Pelabuhan Tanjung Harapan, Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau wajib sudah mendapatkan vaksin dosis ketiga atau booster.

Pemberlakuan tersebut khususnya dilakukan melalui Pelabuhan Tanjung Harapan, Selatpanjang dan sudah dimulai sejak 17 Juli 2022 yang lalu.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepulauan Meranti, Muhammad Fahri, Kamis (28/7/2022).

Fahri juga mengungkapkan bahwa pemberlakukan juga sudah dilakukan di semua jalur keluar masuk di Kecamatan yang ada.

Menindaklanjuti hal tersebut Dinkes Kepulauan Meranti juga telah menyiapkan gerai vaksin di pelabuhan.

Bakan dijelaskannya bila masyarakat yang belum memiliki sertifikat vaksin Booster maka diwajibkan melengkapi rapid antigen.

"Selain vaksinasi juga disediakan rapid antigen supaya bisa melakukan perjalanan. Untuk pelabuhan kota hanya menyiapkan vaksinasi tetapi untuk perjalanan (rapid antigen ada di rumah sakit," ungkapnya.

Pada dasarnya dijelaskan Fahri pemeriksaan vaksinasi sudah dilakukan sejak lama, hanya saja sempat terhenti karena satgas Covid-19 difokuskan untuk melakukan jemput bola dalam melakukan vaksinasi.

Dijelaskannya penyediaan gerai vaksinasi akan tetap diadakan di pelabuhan sesuai dengan kebutuhan.

Ditambahkan Fahri saat ini Stok vaksin yang tersedia di Kabupaten Kepulauan Meranti hanya jenis Pfizer.

Dijelaskannya stok Vaksin jenis Pfizer memang disediakan banyak karena bisa menyesuaikan dengan vaksin sebelumnya.

"Karena Pfizer untuk dosis ketiga itu bisa semua masuk, walaupun sudah Sinovac (Sebelumnya) bisa dilakukan," pungkasnya.

Saat ini dirincikannya ada sebanyak 2.250 vaksin Pfizer yang ada di Kepulauan Meranti dan tersebar di sebuah unit kesehatan yang menyediakan fasilitas vaksinasi.***