RENGAT, GORIAU.COM - Antisipasi penyalahgunaan narkotika harus dilakukan semua pihak, termasuk juga kalangan mahasiswa. Salah satu yang dilakukan mahasiswa adalah melakukan penyuluhan Napza (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif) seperti yang dilakukan mahasiswa kuliah kerja nyata Universitas Riau di Desa Beligan, Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu untuk Pelajar SMPN Satu Atap, Lubuk Bangko, Desa Beligan.

Penyuluhan ini diikuti seluruh pelajar SMPN Satu Atap Lubuk Bangko dan disaksikan oleh Kepala Desa serta guru-guru. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan tentang jenis-jenis NAPZA dan bahaya dari penyalahgunaan NAPZA agar pelajar SMP yang mengikuti acara ini tidak terjebak kedalam penyalahgunaan narkoba.

''Masa depan bangsa ada di tangan remaja hari ini. kebiasaan negatif remaja hari ini bisa dikatakan sangat membahayakan masa depan bangsa kita, dimana mereka yang seharusnya belajar malah duduk dibawah pohon untuk merokok dan ngelem. kegiatan penyuluhan ini sangat bermanfaat untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja,'' ujar Kepala Sekolah SMPN Satu Atap Lubuk Bangko., Agumpita.

Inti dari materi yang disampaikan oleh 2 pemateri yang juga merupakan mahasiswa KKN UR (Ishak Erawadi dan Rieskariesha Kiswara) adalah penyalahgunaan narkoba bisa menyebabkan kehidupan seseorang menjadi hancur. Oleh karena itu, semua elemen masyarakat tanpa terkecuali wajib menjauhi narkoba.

''Terimakasih kami ucapkan kepada mahasiswa KKN UR 2014 atas kepeduliannya terhadap masa depan bangsa, semoga dengan adanya penyuluhan narkoba ini pelajar SMP N Satu Atap Lubuk Bangko bisa terhindar dari penyalahgunaan narkoba,'' tutup Agumpita. (rls)