PEKANBARU - Letkol Infanteri Andri Sulistiawan, resmi dilantik sebagai Komandan Kodim (Dandim) 0301 Pekanbaru. Ia menempati jabatan tersebut setelah proses serah terima jabatan (Sertijab) yang digelar di Markas Korem 0301 Wirabima, Jumat (5/1/2018) pagi tadi oleh Brigjen TNI Edy Nasution.

Andri dilantik menjadi Dandim 0301 Pekanbaru menggantikan Letkol Infanteri Tunjung Setyabudi, yang dipercaya sebagai Kabagmin Itben Itjenad Mabes AD. Dengan begitu, Andri yang jabatan terakhirnya sebagai Pabandya Renops Sops Kostrad tersebut resmi memimpin Kodim 0301 Pekanbaru, sesuai masa jabatannya nanti.

Tercatat, Letkol Inf Andri pernah dipercaya sebagai Kasiops Grup C Paspamres pada 2011 silam. Selain itu dirinya juga sempat menjadi Danyonif L-503/18/2 Kostrad pada 2006 lalu. Tentunya dengan sederet pengalaman tersebut, Andri mumpuni memimpin Kodim 0301 Pekanbaru, sesuai jabatan yang kini diembannya, usai Sertijab.

Komandan Korem 031 Wirabima Brigjen TNI Edy Nasution mengatakan, Kota Pekanbaru dalam wilayah Kodim 0301 harus kondusif, guna memelihara pembangunan yang berkelanjutan. Ini disampaikannya kala memimpin Upacara Sertijab di Aula Wiratama Korem 031/Wirabima, dan dihadiri Kasrem, Kasi, Dandim dan Kasatdisjan jajaran Korem.

Ia menegaskan, proses pergantian personel merupakan upaya pembinaan dan pengembangan satuan itu sendiri. "Oleh sebab itu, pergantian personel khususnya yang menjabat komandan, bukan hanya menyangkut pembinaan personel semata, tapi juga berkaitan langsung dengan konsep pembinaan, pengambil keputusan dan pengembangan satuan itu," yakinya.

Lebih lanjut, Kodim 0301 Pekanbaru merupakan Komando kewilayahan yang daerahnya meliputi Pekanbaru. "Dan ini merupakan barometer stabilitas Ipoleksosbud Hankam di Riau. Karena letak pemerintahan Provinsi Riau berada di wilayah Kodim 0301 Pekanbaru," lanjut Danrem 031 Wirabima tersebut.

Pekanbaru sebagai wilayah pintu masuk dan lintasan provinsi tetangga, tentunya berpotensi mengundang sejumlah kerawanan. Dengan itu, Brigjen Edy mengimbau kepada jajarannya untuk dapat bersama-sama menciptakan dan mewujudkan wilayah ini kondusif, guna menjaga dan memelihara kesinambungan pembangunan, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. ***