BENGKALIS, GORIAU.COM - Pesta pantai yang menampilkan permainan dan tradisi budaya lokal digelar di pantai Selatbaru, Kecamatan Bantan, besok pagi (1/11/2014). Helat yang diikuti peserta dari sejumlah kabupaten ini akan dibuka Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh.

            Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda Olahraga, Edurd kepada wartawan, Jumat (31/10/2014) menjelaskan, perlombaan dan permainan rakyat yang dibakal digelar pada acara Pesta Pantai Selatbaru itu meliputi gasing, jong, sampan layar, layang-layang dan permainan lainnya. Tidak hanya itu, turut ditampilkan tradisi dan seni budaya lokal, seperti reog, kuda kepang maupun barongsai.

            Diungkapkan Eduard, jumlah peserta yang bakal tampil pada event tahunan ini, tidak hanya berasal dari Kabupaten Bengkalis, namun juga dari Kabupaten Kampar dan Dumai, serta Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Khusus peserta dari Kampar dan Dumai, mereka juga akan menampilkan seni budaya.

            Lebih lanjut Edurd mengatakan, event pesta Pantai Selatbaru yang digelar setiap tahun ini, bertujuan sebagai ajang promosi wisata yang ada di Kabupaten Bengkalis, khususnya pantai Selatbaru. Kemudian, sebagai wahana untuk mempertahankan tradisi dan permainan rakyat, sehingga tidak lekang ditelan zaman.

Perhelatan Pesta Pantai ini akan berdampak multiplayer efect terhadap masyarakat setempat. Seperti peningkatan sektor ekonomi masyarakat setempat. Otomatis melalui event ini, warga setempat bisa berjualan makan, minuman dan cenderamata.

''Melalui acara pesta pantai ini, banyak orang yang datang ke pantai. Dengan begitu, rezeki para pedagang setempat akan meningkat,'' ungkapnya.(jfk)