PEKANBARU - Kepolisian Daerah (Polda) Riau, bakal memberikan pengawalan khusus pada saat berlangsungnya pelantikan empat pasangan kepala daerah, yang rencananya akan dilangsungkan di gedung daerah, 17 Februari 2016 besok. Pengamanan ini mulai dari rute hingga di lokasi pelantikan.

Pengamanan khusus ini berupa pengawalan yang melibatkan aparat kepolisian untuk masing-masing pasangan kepala daerah. "Kita berikan Walpri (Pengawalan Pribadi), sejak sebelum pelantikan sampai selesai," sebut Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo.

Selain itu, polisi juga dilibatkan untuk mengamankan gedung daerah berikut dengan tamu undangan yang hadir. "Brimob juga kita kerahkan sebagai antisipasi adanya ancaman gangguan dan sabotase. Sejauh ini masih kondusif," jawab dia saat ditemui GoRiau.com di ruangannya, Selasa (16/2/2016).

Terpisah, Wakapolresta Pekanbaru, AKBP Sugeng Putut Wicaksono melanjutkan, untuk Polresta Pekanbaru sendiri sudah mempersiapkan sekitar 600 orang aparat gabungan. "Ya gabungan, kita juga dibantu Polda Riau," ungkap Putut menguraikan.

Sementara di gedung daerah, polisi juga menerapkan pengamanan berlapis, mulai dari tamu VIP hingga undangan. "Segala kemungkinan ancaman kita sudah persiapkan antisipasinya. Mudah-mudahan besok berjalan lancar," kata dia di ujung sambungan telpon.

Empat pasangan kepala daerah yang segera dilantik itu adalah Yopi Arianto-Khairizal (Indragiri Hulu), Amril Mukminin-Muhammad (Bengkalis), Irwan Nasir-Said Hasyim (Kepulauan Meranti), dan Zulkifli AS-Eko Suharjo (Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih Dumai). ***