PEKANBARU - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan, Rusli Effendi melihat banyak sosok kader di Riau yang saat ini bisa menahkodai perahu PPP ke arah yang lebih baik.

Sosok itu, kata Rusli, bisa terlihat dari figur-figur muda PPP saat ini seperti Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PPP Riau Husaimi Hamidi atau sekretarisnya, Jon Hendri Hasan atau kader-kader muda lainnya seperti Syahrizal.

Di usia mereka yang masih tergolong muda, Rusli yakin PPP akan bisa menciptakan regenerasi untuk beberapa tahun mendatang, karena mereka memiliki semangat dan loyalitas yang tinggi untuk partai Kakbah ini.

"Kita ingin sosok yang benar-benar berjuang untuk partai, kader berjenjang yang mumpuni dan berpengalaman. Serta memiliki terobosan yang bisa mereka jual. Banyak kok kader kita yang memenuhi syarat itu," ujar Mantan Ketua DPW PPP Riau ini kepada GoRiau.com, Selasa (17/11/2020).

Bagi sesiapa yang memiliki niat memimpin PPP Riau beberapa tahun mendatang, Rusli menguji komitmen mereka saat ini, apalagi posisi-posisi strategis di partai banyak diisi oleh politisi-politisi muda.

"Sekarang kan yang berpotensi itu masing-masing punya jabatan, rata-rata di Wakil Ketua DPW, jadi sama-sama ada peran yang bisa dimainkan. Silahkan saja tunjukkan, bangun komunikasi politik," tuturnya.

Di Riau ini, jelas Rusli, PPP dihadapkan pada tantangan persaingan yang ketat, bisa dilihat dari perolehan suara PKS yang menggeliat luar biasa, kemudian partai-partai lainnya yang juga masih eksis di lembaga DPRD Riau.

"Jadi kita butuh orang yang bisa bersaing dengan kepemimpinan di partai-partai lain tersebut. Tidak bisa hanya berfikir sederhana saja, kita harus berfikir bagaimana suara di Riau terisi, bagaimana Kabupaten kota yang menurun bisa dinaikan lagi," jelasnya.

Maka, yang harus dilakukan adalah memperkuat struktur dan meningkatkan rekrutmen. Persoalan hari ini menurut Rusli adalah rekrutmen yang kurang, sehingga susah menciptakan kader yang berprestasi.

"Aksi-aksi keummatan harus digerakkan lagi, begitu juga aksi kemasyarakatan, sehingga PPP terlihat nyata di masyarakat dan bukan hanya statement kita bergerak bersama rakyat, kita harus memberi bukti. Sebenarnya partai Islam ini masih diminati, target pasar kita kan pondok pesantren, sekolah agama, ormas Islam, jaringan-jaringan itu yang perlu dibangun," tutupnya. 

Saat ini, DPW PPP Riau dipimpin oleh Plt Ketua DPW PPP, Mursini. Bupati Kuansing ini melanjutkan kepemimpinan PPP Riau usai Azis Zaenal yang juga Bupati Kampar meninggal dunia. ***