RUPAT UTARA - Keindahan alam berupa pantai dan pulau yang tersembunyi di Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau mulai dikenal dikancah nasional. Tidak itu saja, daerah pesisir Bengkalis ini pun memiliki sebuah kesenian Tari Zapin Api yang dapat menarik wisatawan.

"Pantai di Rupat ini sudah menjadi salah satu destinasi wisata nasional andalan di Riau lho. Ini sudah menjadi modal bagi kita untuk percaya diri menyeriusi sektor pariwisata," ungkap Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman saat memberikan kata sambutan dalam pembukaan Festival Pantai Rupat, Sabtu (16/7/2016) di Desa Teluk Rhu, Rupat Utara, Bengkalis.

Ia pun memotivasi wilayah kekuasaan Bupati Amril Mukminin tersebut untuk mencontoh kesuksesan Kabupaten Siak dalam mengelola dan meluncurkan tagline pariwisata yang ada di daerahnya.

"Siak itu payungnya Melayu. Mereka pakai tagline Trully of Malay, sangat cocok dan menarik. Nah, Bengkalis silakan buat taglinenya juga," sebutnya.

Pada kesempatan ini juga, sebelum melepas perahu boat hias dalam festival, Andi Rachman sempat menyerahkan penghargaan bagi desa sadar wisata berupa penyerahan bibit pohon dan tong sampah secara simbolis untuk dimanfaatkan dalam pengelolaan wisata. ***