PEKANBARU - Sukses menggelar Pekan Olahraga Nasional 2012 lalu, membuat Riau percaya diri menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Ada 3 cabang olahraga yang sudah dimohonkan untuk digelar di Riau, yaitu sepakbola, bola voli dan senam.

Untuk tiga cabor ini, sarana dan prasarana olahraga Riau sudah standar internasional dan layak. Sebagai buktinya, Stadion Utama Riau juga pernah sebagai tempat digelarnya sepakbola internasional, sedang Gelanggang Remaja Jalan Sudirman juga sudah sering dijadikan tempat penyelenggaraan Pro Liga, dan terakhir venue senam Rumbai yang sekarang menjadi pelatnas tim Indonesia.

''Kalau sarana, kita sudah siap. Dan surat tertulis juga sudah dikirim ke Kemenpora. Surat itu ditandatangani langsung oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman,'' ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau Doni Aprialdi kepada GoRiau.com, Rabu (12/4/2017).

Menurutnya, jika tidak sampai pertandingan final, paling tidak Riau bisa dipercaya untuk babak penyisihan. ''Kalau final sepakbola, besar kemungkinan di Jakarta, tapi penyisihannya bisa di Stadion Utama Riau,'' ujarnya.

Sebelum permohonan tertulis, tambahnya, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman juga sudah bertemu dengan Menpora Imam Nahrawi. Pada pertemuan itu, Menpora menyambut baik keinginan Pemprov tersebut, dan meminta dibuat surat tertulis.

''Jadi surat tertulis itu kita buat karena sudah ada pembicaraan sebelumnya. Ini hanya prosedur saja. Mudah-mudahan Riau bisa, supaya perekonomian Riau juga bergerak. Bukan hanya Riau, tapi juga Sumatera Barat dan Sumatera Utara sebagai provinsi tetangga,'' jelasnya. ***