BAGANSIAPIAPI - Kepala Puskesmas Sedinginan Tanah Putih Rohil Riau, dr Eka Syarifdilla, Sabtu (2/5/2020) menyebutkan, pihaknya (Puskesmas) tidak pernah membuat pernyataan maupun statement tentang adanya pasien yang ditangani pihaknya mengalami positif Covid-19.

Menurut Eka Syariffilla, pihaknya setelah menangani pasien dan diperiksa dengan alat rapid test, kemudian dirujuk ke RSUD Pratomo Bagansiapiapi, Rabu (22/4/2020) lalu, untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut atas sakit yang dideritanya.

''Kami pihak Pukesmas tidak pernah membuat statement kalau ada yang positif, kami tidak punya alat yang mampu mendiagnosa,'' sebut Eka dan menambahkan alat yang mereka adalah rapid test diagnosa yang didistribusikan pemerintah.

''Dalam surat rujukan ke RSUD Pratomo, diagnosa kami ditemukan reaktif pada bagian G,'' terangnya.

Dikatakan, pernyataan ini merupakan pelurusan informasi yang sempat beredar bahwa pihaknya telah menangani pasien positif Covid-19. Padahal untuk mengetahui positif atau tidaknya perlu dilakukan pemeriksaan Swab tenggorokan lewan PCR.

Sebelumnya dikabarkan bahwa Rabu (22/4/2020) jam 15.20 Wib lalu, masyarakat (netizen) mendapat kabar melalui whattsapp dan facebook tentang seorang Satpam PN Rohil yang menjadi pasien Puskesmas Sedingan terjangkit Covid-19, akhirnya warga dan teman sejawat pasien khawatir hingga postingan itu menjadi viral di medsos.

''Jadi sekali lagi, sesuai kode etik kedokteran, kami bekerja dibawah sumpah jabatan, tidak akan menyebutkan sakit pasien, tak pernah membuat statemen ada pasien Covid-19. Tahu-tahu beredar informasi seperti yang tak benar tersebut,'' tutupnya. ***