JAKARTA - Handphone (HP) lelet bisa jadi disebabkan oleh Random Access Memory (RAM) HP yang penuh. Karena itu, perlu membersihkan RAM agar kinerja smartphone-mu lebih baik.

Sebagian orang memperhatikan RAM saat hendak membeli ponsel. Semakin besar kapasitas RAM maka biasanya makin dilirik calon pembeli. Ukuran RAM handphone bervariasi, mulai dari 1, 2, 3, 4, 6, 8, sampai 12 GB.

Dilansir techtarget.com, RAM merupakan memori utama dalam sebuah ponsel. Ia berfungsi untuk menyimpan data dari program atau aplikasi yang sedang dijalankan. Tapi, data tidak tersimpan secara permanen dalam RAM melainkan hanya bersifat sementara.

Ketika smartphone menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, maka memori RAM banyak terpakai. Semakin dipakai dan tanpa dihapus, memori akan penuh dan berdampak pada melambatnya performa HP meski memiliki kapasitas RAM yang besar sekalipun.

Oleh sebab itu, detikers hendaknya membersihkan RAM secara berkala dan manual supaya kinerja ponselmu tetap gacor. Penasaran dengan caranya? Cek cara membersihkan RAM yang penuh pada uraian di bawah ini.

Cara Membersihkan RAM HP Tanpa Aplikasi

Seperti kita tahu, terdapat berbagai merek ponsel yang ada sekarang ini. Cara membersihkan RAM HP yang penuh pada tiap-tiap brand smartphone biasanya berbeda. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

Cara Membersihkan RAM HP Samsung

- Pergi ke menu "Setting" atau "Pengaturan" pada ponsel Samsung.

- Klik "Battery and Device Care" atau "Perawatan Perangkat dan Baterai", segera perangkat akan memindai besaran memori yang terpakai.

- Setelah HP selesai memindai, ketuk "Memory" atau "Memori".

- Kemudian klik "Clean Now" atau Bersihkan Sekarang".

- Dan data sementara dalam RAM akan terhapus.

Cara Membersihkan RAM HP iPhone

- Jika iPhone kamu tersedia tombol Home atau Touch ID maka tekan dan tahan tombol Daya hingga muncul slide untuk mematikan HP di layar.

- Atau pergi ke "Setting", pada bagian "General" pilih "Shut Down".

- Bila iPhone detikers tanpa tombol Home maka buka "Setting".

- Klik "Aksesibilitas" lalu pilih "Touch".

- Lalu pilih "AssistiveTouch" dan aktifkan AssistiveTouch.

- Kemudian, pastikan kamu memilih "Open Menu" pada bagian "Single-Tap".

- Balik lagi ke halaman "Setting", pada bagian "General" ketuk "Shut Down".

- Ketuk sekali pada tombol AssistiveTouch yang muncul pada layar.

- Terakhir, sentuh dan tahan tombol Beranda virtual di AssistiveTouch serta biarkan layar iPhone berkedip dan kembali ke layar terkunci.

Nah, begitulah cara membersihkan RAM HP Samsung dan iPhone yang penuh tanpa download aplikasi lain terlebih dahulu. ***