SELATPANJANG, GORIAU.COM – Sebagai salah satu wujud komitmen di bidang pembangunan rumah ibadah di Pulau Padang, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) kembali mendistribusikan bantuan material untuk pembangunan Masjid Nurul Huda Dusun Dakal, Desa Putri Puyu, Pulau Padang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Bantuan tersebut disalurkan berdasarkan usulan yang disampaikan dalam rembug desa beberapa waktu yang lalu.


Estate Manager RAPP di Pulau Padang, Marzum Hamid mengatakan bantuan pembangunan ini merupakan wujud komitmen RAPP kepada masyarakat di samping bantuan lainnya yang terus dilaksanakan di desa-desa sekitar wilayah operasional perusahaan. Menurutnya, kesuksesan perusahaan tidak terlepas dari dukungan semua pihak, terutama masyarakat setempat di Pulau Padang.
"Bantuan pembangunan ini sudah melalui tahapan dari rembug desa, agar setiap program yang disalurkan tepat sasaran dan membawa manfaat bagi masyarakat serta berdasarkan skala prioritas kebutuhan masyarakat desa," kata Marzum ketika dihubungi Minggu (12/10/2014).
Bantuan yang didistribusikan pada Jumat, (10/11/2014) tersebut berupa material keramik sebanyak 290 kotak dan bantuan lainnya yang sudah lebih dahulu diberikan dalam 2 tahap pada tahun 2013 dan 2012 lalu, berupa paket lengkap untuk pembangunan pagar masjid dan bantuan semen sebanyak 50 sak.
Pengurus Masjid Nurul Huda, M. Taher mengaku bersyukur terhadap bantuan yang diberikan RAPP. Ia mengatakan dengan adanya bantuan tersebut akan semakin memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam menjalankan ibadah sehari-hari.
"Kami bersyukur sekali, alhamdulilah masjid kami dapat bantuan dari RAPP. Karena kondisi masjid kami juga sudah banyak yang rusak, sehingga kami berharap sekali dengan bantuan yang diberikan. Ternyata tidak hanya bantuan pendidikan atau sekolah saja yang dibantu, tapi masjid dan sapi kurban juga dibantu RAPP kepada kami," ujar M Taher.
M Taher juga mengapresiasi bantuan RAPP lainnya seperti pembangunan jalan poros yang sudah dapat dilalui oleh masyarakat setiap harinya, dan saat ini juga sedang dalam proses pengerjaan jalan poros tahap ke-2 sepanjang 7 kilometer. Ia berharap agar program CD tersebut terus dijalankan demi peningkatan perekonomian masyarakat setempat dan masyarakat pun hendaknya juga mendukung kegiatan operasional perusahaan sehingga hubungan yang dibina dapat berlangsung harmonis.
CD Officer RAPP di Pulau Padang, Yandi Masnur mengapresiasi respon masyarakat Dusun Dakal Desa Putri Puyu yang antusias dengan menunjukkan semangat gotong-rotong untuk bongkar muat barang di pelabuhan desa secara suka rela.
"Dulu kita harus bayar untuk angkat bantuan sampai ke desa. Sekarang nilai swadaya masyarakat sudah mulai tumbuh dan mau bekerja sama dengan perusahaan," ujar Yandi.***