PEKANBARU - Sebanyak 325 guru ngaji di Kota Pekanbaru mendapatkan tunjangan hari raya (THR) dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Pekanbaru, Kamis (6/5/2021). Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengatakan hal ini merupakan salah satu dari lima program BAZNAS.

"Baznas memiliki lima program. Program-program tersebut antara lain, Pekanbaru Taqwa, Pekanbaru Cerdas, Pekanbaru Sehat, Pekanbaru Makmur, dan Pekanbaru Peduli," kata Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT di Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Kamis (6/5/2021). 

Ia menjelaskan, Pekanbaru Taqwa merupakan program untuk masjid dan musala yang berada di tengah-tengah permukiman masyarakat yang berpenghasilan rendah. Program ini juga dapat diberikan kepada para guru mengaji di masjid atau musala itu. 

"Karena, para guru mengaji ini tidak semua mampu secara ekonomi. Guru mengaji di Kota Pekanbaru mencapai 2.200 orang saat ini, tidak semua kita berikan (THR, red) karena kita pilah," jelasnya.

Menurutnya, dari 2.200 guru mengaji itu dipilah mana yang punya pekerjaan lain dan mana yang sepenuhnya hanya mengajar ngaji. Maka dari itu, terdapat 325 guru ngaji yang diberikan THR sebesar Rp1 juta untuk perseorangan.

Ada 325 guru mengaji yang mendapat zakat. Rinciannya, guru mengaji di Program Taqwa Pondok Pesantren 100 orang. Nilai bantuan Rp100 juta. Kemudian, Program Taqwa Guru MDTA sebanyak 200 orang senilai Rp200 juta. Selanjutnya, Program Taqwa Guru Forum Komunikasi Pendidikan Al-Qur'an (FKPQ) sebanyak 25 orang senilai Rp25 juta. ***