SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi meresmikan pemakaian empat pasar yang berada di empat kecamatan. Kegiatan peresmian itu dipusatkan di pasar Tuah Sekato, Desa Benteng Hulu, Kecamatan Mempura. Selain pasar Tuah Sekato, pada saat bersamaan, Bupati juga meresmikan pemakaian pasar tradisional di Kecamatan Pusako, Kerinci Kanan dan Sabak Auh, Rabu (28/1/15).

Dikatakan Bupati, pasar merupakan sarana bagi warga untuk melakukan jual beli. Dengan diresmikannya pemakaian 4 pasar ini, diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Agar pasar yang sudah diresmikan ini bisa dimanfaatkan, saya instruksikan kepada Camat lebih proaktif mengajak warganya untuk meramaikan pasar. Jangan sampai pasar sudah ada, tapi tak ada orangnya, tentu apa yang sudah kita bangun jadi mubazir," kata Bupati.

Ikut hadir pada kesempatan itu, Wakil Bupati Drs H Alfedri MSi, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan SE, Kajari Siak Zainul Arifin MH, Kepala PN Siak Sorta Ria Neva SH MHum, tokoh masyarakat, sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab Siak serta ratusan warga yang menghadiri acara ini.

Kadis Pasar, Kebersihan dan Pertamanan Siak, Wan Ibrahim, menyebutkan, pasar Tuah Sekato, dibangun melalui dua tahap, dimana terdapat 78 los, sementara terdapat 105 pedagang yang berjualan di pasar itu. Untuk mengatasi masalah ini, pihaknya sudah membangun kios sementara.

"Dari 4 hektare lahan yang tersedia, baru satu hektare yang terpakai. Kalau nantinya dilakukan pengembangan pembangunan pasar, pedagang yang berjualan di kios sementara ini siap ditertibkan, jadi tak ada masalah," kata Kadis.

Untuk pasar di Kecamatan Pusako, dari 2 hektare lahan yang ada, baru bisa menampung 36 pedagang. Sedangkan di pasar Datuk Syahbandar di Kecamatan Sabak Auh yang dibangun di atas lahan satu hektare, terdapat 115 pedagang.Kemudian, di pasar Pemda Kerinci Kanan, daya tampung yang ada sebanyak 64 pedagang.

"Keempat pasar yang diresmikan Pak Bupati ini masih butuh pembenahan dan pemeliharaan, sehingga aktivitas jual beli warga di pasar tradisional itu mampu meningkatkan perekonomian masyarakat," ujarnya.(nal)