PEKANBARU - Meski belum mencapai 2,5 tahun, namun sejumlah Fraksi di DPRD Riau sudah melakukan rotasi dalam struktur Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Riau periode 2019-2024.

Dalam rotasi tersebut, ada beberapa fraksi yang tidak melakukan perubahan, yakni PKS, PAN dan Gabungan (PPP, Nasdem, dan Hanura). Dari data yang dihimpun GoRiau.com, penggantian ini rata-rata dipengaruhi oleh sejumlah Anggota DPRD Riau yang mengundurkan diri di Pilkada.

Di Fraksi Golkar, terjadi penggantian antara Anggota DPRD Riau Dapil Kampar, Ramos Teddy Sianturi dari Komisi III membidangi keuangan ke Komisi V membidangi kesejahteraan. Ramos berganti posisi dengan Anggota DPRD Riau Dapil Rohul, Sari Antoni.

Di Fraksi PDIP, perubahan terjadi di Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP2D), dimana Anggota DPRD Riau Dapil Kampar Ma'mun Solihin pindah ke Badan Anggaran. Ma'mun berganti posisi dengan Anggota DPRD Riau Dapil Pekanbaru, Robin P Hutagalung.

Di Fraksi Demokrat, dua anggota Fraksi Demokrat masuk ke dalam Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP2D), yakni Agus Triansyah dan Zulkifli Indra.

Selanjutnya di Fraksi Gerindra, Anggota DPRD Riau Dapil Inhu-Kuansing, Marwan Yohanis pindah ke Komisi V membidangi pendidikan, dari semula di Komisi II bidang perkebunan.

Anggota Fraksi Gerindra di Komisi V sebelumnya, Syafruddin Iput pindah ke Komisi IV DPRD Riau membidangi infrastruktur. Sementara, Anggota Komisi IV, Dona Sri Utami pindah ke Komisi II.

Terakhir, Fraksi PKB, perubahan hanya terjadi di Badan Anggaran (Banggar), dimana Anggota DPRD Riau Dapil Dumai, Bengkalis, Meranti, yakni Misliadi masuk ke Badan Anggaran menggantikan Sugianto.

Sebelumnya, perubahan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) juga sudah pernah terjadi, dimana Anggota Fraksi Golkar DPRD Riau, Sukarmis berpindah ke Komisi IV, dia menggantikan Yulisman yang dilantik menjadi Ketua DPRD Riau.

Yulisman menjadi Ketua DPRD Riau usai Indra Gunawan Eet mengundurkan diri dari DPRD Riau karena maju di Pilkada. Pengganti Antar Waktu (PAW) dari Indra Gunawan Eet, Yanti Komalasari duduk di Komisi II.

Di Fraksi PKB, perubahan sempat dilakukan atas nama Muhammad Adil, Adil yang saat ini menjabat sebagai Bupati Kepulauan Meranti terpilih berada di Komisi V, dia digantikan oleh Abu Khoiri yang sebelumnya di Komisi III.

sehingga, Misliadi yang menjadi PAW dari Muhammad Adil, secara otomatis berada di Komisi III mengganti Abu Khoiri. ***