TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Dinas Pendidikan (Disdik) Indragiri Hilir (Inhil) melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke 3 Sekolah di Kecamatan Gaung, Sabtu (23/8/2014). Dari 3 sekolah yang dikunjungi saat itu, Kepala Sekolah (Kepsek) di 2 Sekolah ternyata tidak berada di tempat.

Sidak dilakukan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 005 Desa Pungkat, SDN 007 Desa Lahang Baru dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Desa Belanta Raya, Kecamatan Gaung, Inhil.

''Ini dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Inhil, ternyata saat dilakukan Sidak, banyak guru yang terkejut dengan kedatangan kita. Apalagi yang lebih parah Kepsek ternyata tidak berada di tempat,'' kata Kepala Disdik Inhil, Helmi D melalui Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar dan Pendidikan Luar Biasa, Suhaimi Eka yang melakukan Sidak kala itu.

2 Kepsek yang kedapatan tidak berada di Sekolah oleh Disdik adalah Kepsek SDN 005 dan SMPN 2, bahkan menurut pengakuan para guru yang mengajar di sana, sang Kepsek tidak berada di Sekolah sejak hari pertama masuk Sekolah.

Untuk menindak lanjuti kelakuan Kepsek yang tidak bertanggung jawab tersebut, Suhaimi mengatakan akan melaporkan yang bersangkutan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan selanjutnya akan dievaluasi untuk mengambil tindakan yang memberikan efek jera kepada yang bersangkutan.

''Apa yang telah kita dapatkan ketika Sidak, akan menjadi pertimbangan bagi kami untuk kedepannya,'' kata Suhaimi.(ayu)