BAGANSIAPIAPI, GORIAU.COM - PT Bank Rakyat Indonesia menyatakan kesiapannya untuk menyediakan kebutuhan uang tunai dalam menghadapi lebaran 17 Juli 2015. Sedikitnya Rp20 miliar disiapkan.

''Dana itu akan kita distribusikan sebanyak 22 ATM yang tersebar di seluruh Rohil. Rata-rata Rp 400 juta untuk satu ATM,'' kata Kepala Cabang BRI Bagansiapiapi, Herdiman kepada GoRiau.com, Selasa (7/7/2016) di ruang kerjanya.

Masih kata Herdiman, untuk menjaga agar ATM tetap berfungsi dan mengantisipasi menipisnya stok uang tunai, mereka menyiapkan 5 orang tenaga yang siap bekerja lembur. Didalamnya ada tenaga IT. Biasanya, puncak permintaan nasabah terhadap uang tunai terjadi H-3 sebelum lebaran dan H+3 sesudah lebaran.

Di tempat sama, Asisten manajer pelayanan PT BRI, Heri Purwanto mengungkapkan, tahun ini permintaan uang akan meningkat karena selain untuk kebutuhan lebaran, juga didalamnya ada pencairan untuk Anggaran Dana Desa.

''Tapi kita prediksikan, pencairan dana ADD melalui ATM sifatnya hanya untuk kebutuhan mendesak. Belum ada penarikan secara keseluruhan,'' katanya.

Dikatakannya, masyarakat juga bisa menggunakan fasilitas ATM yang baru didirikan seperti di rumah sakit umum dan fasilitas publik seperti 3 Dimensi di Jalan SGB, Bagansiapiapi. Tingkat transaksi nasabah menggunakan ATM, katanya, bisa mencapai Rp800 juta dalam 1 hari.

Menyinggung permintaan nasabah terhadap uang pecahan kecil menjelang lebaran, Heri mengatakan bahwa PT BRI sudah mempersiapkan pecahan Rp20 ribu, Rp 10 ribu dan Rp 2 ribu.

''Untuk pecahan Rp1.000 tidak ada lagi. Karena sudah dalam bentuk uang logam. Bagi masyarakat yang ingin meminta pecahan kecil sudah bisa dilakukan di counter BRI terdekat,'' tuturnya. (amr)