PEKANBARU - Sektor pariwisata di Provinsi Riau masih menghadapi tekanan yang berat akibat pandemi Covid-19. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Riau pada Januari 2021, hanya ada satu orang.

"Pada bulan Januari 2021, hanya ada satu wisman yang datang ke Riau, yaitu melalui Bandara SSK II. Tiga pintu masuk lainnya tidak ada," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Misfaruddin di Pekanbaru, Senin (1/3/2021).

Kondisi ini kata Misfaruddin, merupakan imbas dari belum berakhirnya pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia. Pandemi ini masih menjadi faktor utama yang sangat mempengaruhi kunjungan wisman ke Indonesia dan khususnya ke Provinsi Riau.

"Pada bulan sebelumnya, tidak ada kunjungan wisman yang datang ke Riau, sehingga jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, terjadi kenaikan 100 persen pada bulan Januari 2021," jelasnya.

Namun, jika dilihat pada periode yang sama pada tahun 2020, dimana kondisi masih normal atau tidak ada pandemi Covid-19, jumlah wisman yang datang mencapai 5.256 kunjungan.

"Sehingga tidak dapat dipungkiri, memang terjadi penurunan yang sangat drastis pada Januari 2021," tukasnya. ***