PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau telah menyalurkan obat-obatan kepada masyarakat terdampak banjir dilima Kabupaten dan Kota di Riau.

Saat ini, jelas Kepala Dinkes Riau drg Sri Sadono, warga terdampak banjir kesehatannya masih bisa ditangani oleh Dinkes Kabupaten dan Kota di Riau sedangkan Dinkes Provinsi Riau sifatnya hanya membantu memenuhi permintaan obat dari Dinkes Kabupaten dan Kota di Riau.

''Ada sekitar lima kabupaten dan kota yang mengajukan permintaan obat kepada kita dan sudah kita drooping (salurkan-red), obatnya seperti vitamin, obat kulit, antibiotik juga ada dan obat lainnya," ujar Kepala Dinkes Provinsi Riau, drg Sardiono kepada GoRiau.com, Kamis (11/1/2024).

Namun jelas Sri Sadono ada permintaan dari Kabupaten dan Kota yang belum bisa dipenuhi pihaknya seperti makanan tambahan untuk bayi, Balita dan ibu hamil karena stoknya di Dinkes Riau sudah habis, "Namun kita sudah minta ke Kementerian Kesehatan RI dan Alhamdulillah sudah disetujui tinggal dikirim ke Riau," ucapnya.

Selain itu lanjutnya Dinkes Riau tengah menyiapkan tim ambulan yang siaga mengantarkan warga terdampak banjir untuk berobat ke Pekanbaru."Ini juga berdasarkan permintaan Dinkes Kabupaten dan Kota dan saat ini kita siapkan timnya," ujarnya.

Sri Sodono berharap kepada warga terdampak banjir untuk menghindari tempat-tempat yang becek dan kotor, kalau ada tempat pengungsian segera kesana atau cari tempat yang kering. Kemudian jaga kebersihan terutama untuk konsumsi air minum, jika kesulitan kesulitan mendapat air minum, warga bisa menghubungi Posko-posko yang ada seperti Posko BPBD yang kinerjanya luar biasa dalam penanganan warga terdampak banjir.

"Kita juga saling koordinasi dengan BPBD, Dinsos, mereka kadang juga melibatkan kita di wilayah yang terkena banjir seperti kemarin di Kampar, Pelalawan juga wilayah lainnya," tutupnya. ***