DUMAI, GORIAU.COM - Guna menyemarakkan perayaan tahun baru Imlek 2565/2014M, Pemerintah kota Dumai melalu Dinas Budaya, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) kota Dumai melaksanakan kegiatan festival lampion.

Kepada GoRiau.com Rabu (29/1/2014) diruang kerjanya, Kepala Disbudparpora Kota Dumai, H. Eldar Afinta mengatakan festival lampion terlaksana berkat kerjasama dengan PSMTI (Paguyuban Sosial Marga Tionghua Indonesia) kota Dumai."Untuk menyemarakkan perayaan tahun baru Imlek tahun 2014 Disbudparpora bersama PSMTI melaksanakan festival lampion untuk menyemarakkan perayaan tahun baru Imlek 2565/2014M dikota Dumai." katanya.

Selain untuk menyemarakkan perayaan Imlek, kegiatan ini dilaksanakan untuk melestarikan budaya dari suku Tionghua dikota Dumai."Dumai merupakan kota yang heterogen terdapat 16 suku, salah satunya suku tinghoa dan festival lampion dilaksanakan untuk mempertahankan budaya serta menyemarakkan perayaan Imlek." tambahnya.

Lebih lanjut Eldar menjelaskan bahwa festival lampion masuk dalam agenda rutin Disbudparpora kota Dumai yang dilaksanakan setiap tahun tepatnya satu minggu sebelum Imlek. Sementara bagi pemenang lomba festival lampion akan mendapatkan piala bergilir Walikota yang akan diumumkan pada malam puncak tahun baru Imlek."Selain menyediakan piala bergilir Walikota, Disbudparpora juga menyediakan tropy untuk juara I, II dan III." paparnya.

Terkait tim penilai, Eldar mengatakan bahwa penilaian akan dilakukan secara independen berdasarkan tata letak, estetika/keindahan lampion yang akan dinilai oleh tim penilaian yang sudah di SK kan Disbudparpora."Penilaianpun dilakukan secara diam-diam, dan keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat." sebutnya.

Lebih lanjut Eldar mengatakan bahwa festival lampion tahun ini merupakan festival yang ke tiga kalinya setelah sebelumnya pernah dilaksanakan pada tahun baru Imlek tahun 2011, 2012 dan 2013."Semoga kegiatan ini dapat mewujudkan visi Dumai menjadi kota tujuan Wisata." harapnya.

Ditempat terpisah, pengurus PSMTI kota Dumai, Acong Effendi, Rabu (29/1/2014) mengatakan, festival lampion untuk menyemarakkan tahun baru Imlek tahun 2014, kegiatan ini terselenggara berkat dukungan dari Pemerintah kota Dumai, serta suport dari Walikota yang sangat mendukung penuh pelaksanaan festival lampion dikota Dumai."Festival ini merupakan festival tahun ke tiga setelah diselenggarakan pada tahun 2011 lalu yang dilaksanakan untuk memeriahkan perayaan Imlek 2565 /2014 Masehi," kata Acong.

Menurut Acong, penilaian akan dilaksanakan sekitar tanggal 2 Februari oleh panitia yang sudah dibentuk Disbudparpora Kota Dumai. setelah dinilai, pemenangnya akan diumumkan pada malam puncak perayaan malam tahun baru Imlek di Kelenteng Hock Liong Kong jalan Kelakap tujuh Dumai Selasa (4/2/2014) mendatang.

"Pemenang lomba festival lampion akan diumumkan pada puncak perayaan Imlek, Selasa (4/2/2014), malam tersebut merupakan malam ritual hari kelahiran dewa Ching soi chasau Kong di Klenteng Hock Liong Kiong jalan kelakap Tujuh Dumai. Setelah melaksanakan puncak pelaksanaan Tahun Baru Imlek, paginya akan dilaksanakan pawai para kitong (Dukun Tionghoa) yang akan memperagaakan berbagai atraksi." pungkasnya.(egy)