JAKARTA - Sempat mendapat penolakan dari jutaan peserta aksi, Kapolri pun berjanji akan mengawal kasus Ahok hingga sampai ke proses penahanan.

Setelah tausyiah dari Habib Riziq yang kembali menyerukan adili penista agama, Imam besar FPI itupun mempersilahkan Kapolri untuk memberikan penjelasan ke peserta aksi.

Namun disaat Kapolri sedang berbicara, teriakan "huuu" dan "turun-turun" menggema. Hingga Kapolri pun berhenti berbicara sekitar 15 menit.

Melihat situasi yang semakin riuh, Habib Riziq pun mengambil alih micropon. "Saya minta tenang, yang mau Ahok ditangkap silahkan duduk, yang mau Ahok diadili silahkan tertib. Kita disini mau damai betul?, kita wajib hormat dengan simbol negara betul?," tanya Riziq.

Hingga akhirnya Kapolri Jenderal Tito Karnavian pun berjanji akan memproses kasus Ahok. "Dulu ditangani KPK tidak bisa jadi tersangka, tapi dalam hitungan hari setelah kasus ini kita Polri yang menangani langsung jadi tersangka," ujar Kapolri yang disambut teriakan takbir dari umat islam.

Kemudian Kapolri pun berjanji akan terus memantau kasus Ahok ini, meskipun sudah dilimpahkan ke kejaksaan. "Pokoknya mohon kesabaran bapak/ibu semua, insya allah dalam waktu dekat kita akan melihat hasilnya," ucap Kapolri yang lagi-lagi disambut teriakan "buktikan, buktikan,".

Setelah berorasi, Kapolri pun turun dari panggung utama dan berbaur dengan para ulama. ***