PEKANBARU - Pemuda dan mahasiswa Riau yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Pelalawan mengikungi kegiatan Asean Youth Cultural Exposure 2016 di Thailand. Kegiatan yang diadakan oleh Youth Center to Action for Nation ini merupakan program pertukaran pelajar, mahasiswa dan pemuda antar negara.

Dwi Surya Pamungkas, Ketua IPNU Pelalawan saat berdiskusi dengan anggota DPRD Riau Dra. Hj. Septina Primawati, MM mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan dari tanggal 17-31 Oktober 2016 dengan mengangkat tema budaya dan pariwisata.

"Dengan mengikuti program Asean Youth Cultural Exposure ini dapat menciptakan generasi pelajar, mahasiswa dan pemuda Pelalawan yang berdayaguna dan berwawasan tinggi dalam perkembangan budaya dan pariwisata di Indonesia terutama di Kabupaten Pelalawan," sampainya, Kamis (13/10/2016).

Dwi Surya menyebutkan, dengan mengikuti kegiatan ini semoga dapat membawa budaya dan pariwisata Pelalawan mendunia, sesuai dengan visi dan misi pariwisata Riau Menyapa Dunia yang telah dicanangkan beberapa waktu yang lalu.

"Kami berharap dapat membawa ilmu yang diperoleh dalam perkembangan budaya dan pariwisata Thailand ke daerah Riau. Kita tahu budaya dan pariwisata Thailand sangat terjaga dan berkembang pesat. Budaya dan pariwisata di Riau juga sangat beragam, namun pengembangan dan pengelolaannya masih sangat jauh dari yang diharapkan," imbuh dia.

Sementara itu, Septina Primawati sangat apresiasi terhadap keikutsertaan mahasiswa IPNU dari kampus Universitas Islam Riau (UIR) dalam kegiatan ini. Septina juga mengatakan, semoga sukses dan lancar mengikuti kegiatan tersebut.

"Saya apresisasi atas prestasi mereka terpilih sebagai duta bangsa ke Thailand. Apalagi 5 orang berasal dari Riau ini tergabung dengan 63 orang yang akan berangkat kesana dari seluruh Indonesia," ujar calon Ketua DPRD Riau ini.

Septina mengarahkan kepada pemuda Riau sebagai duta daerah agar mengangkat dan mempromosikan budaya Riau dan potensi wisata Provinsi Riau. Terlebih Thailan sebagai penghasil pertanian, juga sangat memungkin ilmu didapat diterapkan di Riau nantinya.

Politisi Golkar ini juga berharap para pemuda pilihan ini kedepan menjadi kader muda yang memiliki daya saing global dan memiliki pergaulan internasional. ***