RENGAT,GORIAU.COM - Setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu) menggelar rapat singkronisasi bersama Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Inhu, Riau, akhir pekan kemaren, pada hari Senin (5/1/2015), Pemkab Inhu serahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun 2015 kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

"Penyerahan DPA tersebut secara resmi diserahkan oleh Bupati Inhu, H Yopi Arianto, secara simbolis kepada kepala SKPD yang penyerapan anggarannya tertinggi. Diantaranya, Dinas Pertanian TPH, Badan Penanaman Modal Daerah Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMD-PPT), RSUD Indrasari Rengat dan Kecamatan Rengat Barat", ujar Bupati Inhu, melalui Kabag Keuangan Setda Inhu, Hendri Anor, SE MM, Selasa (6/1/2015) di ruang kantornya.

Anof mengatakan, untuk pagu DPA tertinggi tahun 2015 diterima Dinas Pendidikan dengan nilai, Rp543 miliar lebih. "Penyerahan dokumen DPA itu dilaksanakan di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Inhu, Senin (5/1/2015)", sebutnya.

Sementara itu, tambah Anof, dalam arahannya ada 4 poin yang ditekankan Bupati Inhu, H Yopi Arianto kepada seluruh kepala SKPD yang ada. Yaitu, SKPD diminta untuk bisa memepercepat penayangan perencanaan umum pengadaan (RUP).

Untuk pelaksanaan APBD tahun anggaran 2015, SKPD dituntut untuk dapat melaksanakan atau merealisasikan anggaran tersebut tepat waktu, tepat sasaran dan tepat tujuan.

Selain itu, bagi unit layanan pengadaan (ULP) harus bisa bekerja sesuai tugas dan fungsi (tufoksi) dan setiap SKPD harus melaksanakan masa perikatan atau kontrak dan atau pelaksanaan pekerjaan bisa terealisasi paling lambat pada akhir Oktober atau awal November 2015.

Sehingga pelaksanaan pekerjaan disetiap SKPD bisa selesai pengerjaannya tepat waktu atau sebelum tahun anggaran 2015 berakhir. Sehingga penyerapan anggaran APBD Inhu tahun 2015 ini bisa lebih baik lagi dari tahun sebelumnya, pungkas Anof yang juga Sekretaris TAPD Kabupaten Inhu itu.

Untuk diketahui, penyerapan anggaran APBD Kabupaten Inhu tahun 2014 mencapai 89,96 persen dan Inhu termasuk salah satu kabupaten terbaik yang penyerapan APBD nya tertinggi di Provinsi Riau tahun 2014 setelah Kota Pekanbaru sebesar 94% lebih.(jef)