PEKANBARU - Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) sudah menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau ke X tahun 2021 mendatang. Hal itu disampaikan dalam Rapat Anggota KONI Provinsi Riau, Sabtu, (15/2/2020).

Bupati Kuansing, Mursini selaku Ketua Umum PB Porprov X 2021 mengatakan, Kuansing sangat serius dalam menyiapkan Porprov 2021, meskipun ada beberapa venue yang belum selesai.

"Insya Allah, kesiapan kami untuk venue cabor bisa kami selesaikan. Dengan penganggaran di tahun ini, ada beberapa venue yang belum selesai, tapi sudah ada," ujarnya.

Selain itu, ia juga memperkenalkan ikan Si Ngongai yang akan menjadi maskot dalam Proprov tersebut. Ikan endemik ini merupakan ikan purba dan tergolong langka yang berhabitat di Sungai Kuantan.

Mursini menjelaskan, makna Ikan Si Ngongai dalam Porprov ini untuk menunjukkan semangat juang jati diri meraih prestasi membawa Marwah negeri.

"Ikan Si Ngongai ini tidak ada di seluruh wilayah Riau, ikan ini ikan yang langka yang hidup di sungai air tawar yang berarus deras. Ini melambangkan bagaimana semangat perjuangan atlet dan menjadi inspirasi untuk perjuangan meraih prestasi," paparnya.

Nantinya, dalam Porprov ke X 2021 tersebut akan dipertandingkan 27 cabang olahraga. Diantaranya Sepakbola, Futsal, Dayung, Senam, Tinju, Panahan, Muathay, Angkat Besi dan Berat, Menembak, Renang, Atletik, Tenis Meja, Balap Motor, Pentaque, Tenis Lapangan, Panjat Tebing.***