SELATPANJANG - Tahun 2018, Pemerintah Kepulauan Meranti akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Saat ini Pemda telah mengajukan kuota namun masih menunggu karena belum ada keputusan dari pusat.

Pemda Kepulauan Meranti, telah mengajukan sebanyak 248 formasi. Yaitu, 120 tenaga teknis, 62 tenaga kesehatan, dan 66 guru.

Untuk jadwal penerimaan, diakui Sekretaris BKD Kepulauan Meranti, Bakharuddin, ditargetkan setelah usai pelaksanaan Pilkada Riau. Saat ini masih dirancang-rancang format untuk penerimaan CPNS 2018.

"Kalau informasi awal, setelah Pilkada atau sekitar Juli 2018," kata Bakharuddin.

Untuk format penerimaan, ditambahkan Bakharuddin, bisa saja mengadopsi sistem yang digunakan saat penerimaan CPNS KemenkumHAM beberapa waktu lalu. Dimana, berkas (syarat) akan diupload secara online, dan bertemu calon pada saat ujian saja.

"Sedang dirancang. Sistem kerja formatnya belum tergambar di kita, bisa jadi kita pakai sistem seperti KemenkunHAM kemarin," ungkap Bakharuddin lagi.

Selain itu, lokasi ujian juga diperkirakan tidak di Kepulauan Meranti. Melainkan di BKN Provinsi Riau. Sebab, di Selatpanjang tidak ada labor (sistem ujian Computer Assisted Test) yang bisa menampung banyak peserta.

"Untuk menghandle CAT selain butuh biaya, juga kemampuan teknis. BKN juga sudah berpengalaman menangani masalah ini," kata Bakharuddin. ***