PEKANBARU - Rencana pembangunan tugu Roda Terbang yang akan dilakukan Pemerintah Kota Pekanbaru terus mendapat kritikan. Pasalnya, tugu tersebut belum terlalu penting disaat warga saat ini mengalami kesulitan ekonomi.

''Sebaiknya dananya dialihkan untuk kegiatan masyarakat saja, apalagi sejalk pandemi Covid-19, warga mengalami penurunan ekonomi. Lebih baik untuk kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,'' ujar Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Ruslan Tarigan, Kamis (11/2/2021).

Politisi PDI Perjuangan ini juga menyebut, sekarang bukan tugu yang perlu, karena rakyat sedang kelaparan. Utamakan yang skala prioritas, banjir masih ada, utamakan yang menjamin keselamatan warga.

"Jangan dulu lah proyek yang nggak urgent. Inikan proyek-proyek aksesoris, ya jangan lah dulu," tegasnya.

Sementara itu, Kadis PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi menjelaskan bahwa proyek pembangunan tugu Roda Terbang itu masih perencanaan, dan masih dalam tahapan desain modelnya.

"Memang kita sedang menyiapkan desain, mau bangun tugu, itukan masih rencana ya," jawab Indra Pomi.

Tugu Roda Terbang sendiri, terang Pomi, memilik makna pembangunan yang dinamis. Dan melambangkan bahwa Pemko Pekanbaru telah melakukan pembangunan yang cepat dan dimanis.

Pomi juga mengklaim bahwa proyek tugu Roda Terbang itu nantinya tidak mengganggu program-program penting.

"Sebenarnya program ini berbeda, Covid-19 tetap, perbaikan jalan berlubang tetap, banjir juga tetap. Artinya, kita bangun tugu Roda Terbang tidak mengurangi anggaran kita untuk perbaikan yang lain," tukasnya. ***